PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA Nur Afni
Keywords:
Emotional Intelligence, Motivation to learn, Learning outcomesAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dilaksanakan di MAN 1 Enrekang pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. yang bertujuan untuk (i) Untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional (X1), motivasi belajar (X2) dan hasil belajar pada mata pelajaran biologi MAN 1 Enrekang. (ii) Untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi MAN 1 Enrekang (iii) Untuk mengetahui adanya pengaruh moti-vasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi MAN 1 En-rekang (iv) Untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional dan moti-vasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi MAN 1 Enrekang. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas MIPA MAN 1 Enrekang. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 119 siswa pengambilan sampel dalam penlitian ini menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan sampel dengan tararaf 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kecerdasan emosional dan angket motivasi belajar data hasil belajar siswa diambil dari hasil ujian semester ganjil berbentuk dokumentasi dimana data diolah menjadi dua cara yaitu deskriptif dan analisis inferensial . Teknik analisis data menggunakan uji ana-lisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menun-jukan bahwa (i) kecerdasan emosional siswa MAN 1 Enrekang tergolong cukup baik yaitu 34%, motivasi belajar siswa MAN 1 Enrekang tergolong cukup baik yai-tu 40%, sedangkan hasil belajar siswa MAN 1 Enrekang tergolong sedang yaitu 39%. (ii) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar biologi siswa MAN 1 Enrekang (iii) Terdapat pengaruh pos-itif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa MAN 1 Enrekang (iv)Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional, motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar biologi siswa MAN 1 Enrekang.
References
Damopolii, I., Lefaan, P. T. and Manga’, M. (2017) ‘Hubungan Motivasi Belajardengan Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMP 21 Rendani Manokwari’, in Seminar Nasional dan Kongres Himpunan Pendidik dan Peneliti Biologi Indonesia. Mataram.
Daud, F. (2012) ‘Pengaruh Kecerdasan Emosinal (EQ) Dan Mootivaasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negri kota Palopo’, Jurnal pendidikan dan pembelajaran, 19(2).
Lestari, W. (2012) ‘Efektifitas Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika’, Formatif, 3(3).
Makatita, S. H. and Azwan, A. (2021) ‘PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA N 2 NAMLEA’, Biosel: Biology Science and Education, 10(1). doi: 10.33477/bs.v10i1.1521.
Mirnawati, M. and Basri, M. (2018) ‘PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR’, JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1). doi: 10.26618/jrpd.v1i1.1240.
Muhammad Wajdi, Nurdiyanti and Nurhasyinah Amir (2021) ‘Improving Students’ Motivation and Learning Outcomes Using Edmodo Learning Media Assisted with Meeting Room Media on The Circulation System Materials’, IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(4). doi: 10.46245/ijorer.v2i4.119.
Nurul Fadhilah and Mukhlis, A. M. A. (2021) ‘HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA, INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA’, Jurnal Pendidikan, 22(1). doi: 10.33830/jp.v22i1.940.2021.
Safitri, D. and Bachtiar, S. (2021) Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Literasi Indonesia.
Sappe, I., Ernawati, E. and Irmawanty, I. (2018) ‘Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V sdn 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan Mangarabombang Kabupaten takalar’, JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2). doi: 10.26618/jkpd.v3i2.1419.
Sugiyono (2017) ‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.’, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
Suharni and Purwanti (2018) ‘Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa’, G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1).
Sukarno, Adilla, Z. and Hardianto, P. (2018) ‘Pengaruh Penggunaan Gadjet, Minat Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Kepanjen’, 2(1).
Susanto, A. (2016) Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Cetakan ke-4), Jakarta: Prenadamedia Group.
Utami, S. A., Damayanti, E. and Ismail, W. (2020) ‘Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik’, Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 5(1). doi: 10.22373/psikoislamedia.v5i1.6138.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
Authors are free to:
1. Share: Copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt: Remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as the authors follow the license terms, which include the following:
1. Attribution: Authors must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. Authors may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses the authors or authors’ use.
2. No additional restrictions: Authors may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
This work is licensed under a licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License/ CC BY 4.0.