NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN DONGENG FUTURISTIK KARYA ARLEEN A.
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v10i2.13121Kata Kunci:
Dongeng, Futuristik, Pendidikan Karakter.Abstrak
Kumpulan dongeng futuristik merupakan media yang menawarkan pengalaman membaca yang unik, dengan memadukan unsur fiksi ilmiah dan perkembangan teknologi masa depan dalam cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kumpulan dongeng futuristik. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis teks kumpulan dongeng futuristik yang dipilih dengan fokus penelitian pada nilai pendidikan karakter dalam dongeng futuristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kumpulan dongeng futuristik mampu menyampaikan nilai-nilai karakter seperti ketekunan, kreativitas, toleransi, kepemimpinan dan kemampuan beradaptasi dalam konteks masa depan yang terus berubah. Kisah-kisah ini sering kali mengeksplorasi tantangan moral yang relevan dengan perkembangan teknologi dan sains. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa dongeng futuristik dapat menjadi alat yang efektif dalam pendidikan karakter, karena memungkinkan pembaca untuk merefleksikan implikasi moral dari kemajuan teknologi dan situasi masa depan yang belum terjadi. Penelitian ini mempunyai implikasi penting dalam pengembangan literasi karakter dalam pendidikan, serta dalam memahami peran kreativitas dan imajinasi dalam pembentukan nilai-nilai karakter. Kumpulan dongeng futuristik dapat menjadi sumber inspirasi pendidikan karakter yang lebih relevan dengan tantangan masa depan. Pembaca dapat belajar dari pengalaman para tokoh dalam cerita untuk mengembangkan sikap dan keterampilan tokoh yang dibutuhkan dalam menghadapi dunia yang semakin kompleks. Melalui dongeng futuristik dapat membawa anak-anak untuk mampu berpikir kritis tentang kehidupan di masa mendatang.
Referensi
Juanda, J. J. (2018). Eksplorasi Nilai Pendidikan Lingkungan Cerpen Daring Republika: Kajian Ekokritik. Jurnal Sosial Humaniora, 11(2), 67. https://doi.org/10.12962/j24433527.v0i0.4331
Kuning, D. (2018). Character Education For Indonsesia In Education In Globalization Era. Jurnal Elsa, 16(1), 119–126.
Mayar, F., Natari, R., Cendana, H., Hutasuhut, B. R. S., Aprilia, S., &
Nurhikmah, N. (2022). Peran Dongeng dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4600–4607. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2615
Nadeak, L., Simbolon, M., Sihotang, R. Y., Sembiring, Y. B., & Panaluan, T. (2020). Moral Value and Characters Building Exposed in Folklore of Tongkat Tunggal Panaluan. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 8(2), 92–96. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPBI/article/view/30969
Nurika Irma, C. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 11(1), 14. https://doi.org/10.26858/retorika.v11i1.4888
Permendikbud. (2018). Permendikbud RI No 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. In
Permendikbud Nomor 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf
Ritongga, A. A., & Latifatul Hasanah. (2019). Penanaman Nilai Karakter Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Minhajul Abidin. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 2086–4191.
Sakerebau, J. (2018). Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1), 96–111. https://doi.org/10.34307/b.v1i1.22
Septiana, I. (2018). The Challenges of Teaching for English Specific Purposes in Higher Education. Jurnal Ilmiah Bina Bahasa, 11(1), 22–31. https://journal.binadarma.ac.id/index.php/binabahasa/article/view/296
Suhardi. (2018). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal: Lingua, XIV(1), 49–59.
Sulastri, S., Hariyadi, -, & Simarmata, M. Y. (2020). Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 4(1), 43. https://doi.org/10.23887/jppsh.v4i1.24336
Wirani. (2016). Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Tantri Kamandaka. Prasi, 11(01), 48–63. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/PRASI/article/view/10972
Wulandari, F., & Sabardila, A. (2022). Mengenal dan Mengetahui Nilai Pendidikan Karakter pada Buku Cerita Rakyat Putri Tujuh. 6(1), 995–1007.
Zuhri, M. S. (2021). Narasi Futuristik Dalam Novel Cara Berbahagia Tanpa Kepala Karya Triskaidekaman. 1–23.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id