PEMEROLEHAN BAHASA JAWA SEBAGAI BAHASA PERTAMA PADA ANAK USIA 2-5 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v8i1.4535Keywords:
Bahasa Jawa, Pemerolehan Bahasa, PsikolinguistikAbstract
Bahasa selalu memiliki hubungan erat dengan budaya. Budaya di Indonesia sangat beragam, demikian juga dengan suku, ras, dan bahasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kalimat pada anak usia 2-5 tahun di Desa Wringinjenggot, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara merekam suara subyek penelitian dengan memanfaatkan telephone genggam. Hasil tersebut kemudian ditranskripsi dan dianalisis menggunakan teknik simak dan teknik catat. Subyek dalam penelitian adalah lima orang anak yang berusia 2-5 tahun. Data yang diperoleh dari lingkungan baik keluarga maupun masyarakat di desa yang ada melakukan komunikasi secara langsung. Hasil dari penelitian ini, ditemukan pemerolehan bahasa anak usia 2-5 tahun yang mengacu pada bentuk kalimat yang sudah dikuasainya, diantaranya: 1) anak mampu memberikan sebuah informasi yang faktual, 2) mampu bertanya mengenai apa, kenapa, di mana, siapa, dan bagaimana dengan baik, 3) mampu mengungkapkan rasa keinginannya kepada orangtua, keluarga, tetangga lingkungan sekitar. Sehingga kesimpulanya adalah bentuk kalimat deklaratif ada dua, bentuk kalimat interogatif ada lima, dan bentuk kalimat imperatif ada dua.
References
Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2003). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (3 ed.). Jakarta: PT Balai Pustaka.
Amaliah, R., Ghazali, A. S., & Hasanah, M. (2015). Proposisi Puisi Karya Anak. 3(1), 60–69.
Candasari, L. A. (2014). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun Di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Dardjowidjojo, S. (2012). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Hurlock, E. B. (1967). Adolescent Development. McGraw-Hill Inc.,US.
Muhammad. (2014). Metode Penelitian Bahasa. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Munawaroh. (2012). Kajian Fonologi dan Leksikologi Bahasa Jawa di Desa Sambak Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang.
Nuryani, & Putra, D. A. K. (2013). Psikolinguistik. Ciputat: Mazhab Ciputat.
Putri, K. A. K., Rasna, I. W., & Suwandi, I. N. (2014). Pemerolehan Bahasa Indonesia pada Anak Usia Dini di Desa Beraban, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Suardi, I. P., R, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 268–272.
Sudarwati, E., Perdhani, W. C., & Budiana, N. (2017). Pengantar Psikolinguistik. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Tarmini, W., & Sulistyawati, R. (2009). Sintaksis Bahasa Indonesia. In Hasmawati, Ardi, & Rachmiati (Ed.), Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta: UHAMKA Press.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id