Interferensi Morfologi Bahasa Jawa ke dalam Bahasa Indonesia pada Karangan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v8i2.4519Keywords:
Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Interferensi, Morfologi.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan terjadinya proses morfologi bahasa Jawa terhadap bahasa Indonenesia dalam karangan siswa SD Negeri 2 Wirosari kelas V dan faktor penyebab terjadinya interferensi morfologi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan objek penelitian berupa karangan siswa yang memiliki bahasa kesatu bahasa Jawa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis karangan siswa. Instrumen atau alat peneliti yang digunakan yaitu peneliti sendiri. Hasil penelitian ini adalah terjadinya interferensi morfolgi pada karangan siswa dan faktor-faktor penyebabnya. Interferensi morfologi tersebut meliputi prefiks, sufiks, dan konfiks. Faktor-faktor penyebab terjadinya interferensi morfologi bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia siswa adalah siswa lebih dominan menggunakan bahasa Jawa daripada bahasa Indonesia untuk komunikasi sehari-hari.References
Alwasilah, A. C. (1985). Beberapa Madhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa.
Alwasilah, A. C. (1993). Pengantar Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa.
Aslinda, Syafyahya, & Leni. (2007). Kedwibahasawan, Dwibahasawan, dan Diglosia. Bandung: Refika Aditama.
Chaer, A. (2004). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, A., & Leonie, A. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Fauziati, E. (2016). Interferensi Gramatikal Bahasa Indonesia dalam Bahasa Inggris: Kasus pada Buku LKS Bahasa Inggris untuk SLTP di Surakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 96-109.
Keraf, G. (1997 ). Komposisi : Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende: Nusa Indah.
Moleong, L. J. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakaya.
Ngalim, A. (2013). Sosiolinguistik: Suatu Kajian Fungsional dan Analisisnya. Surakarta: PBSID FKIP UMS, 167.
Rusyana, Y. (1984). Bahasa dan Sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: CV Diponegoro.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id