HEGEMONI BAHASA MILENEALISASI PADA SLOGAN DEMONSTRASI: ANALISIS WACANA KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4294Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktek wacana pada slogan aksi demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai fenomena baru dimasa sekarang. Dibalik selogan-slogan ditemukan adanya kekuatan dan keunikan yang menghegemoni dengan tinjauan aspek linguistik sebagai hasil ide mahasiswa untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mengumpulkan dan menyajikan data kemudian dianalisis menggunakan pendekatan analisis wacana kritis Norman Fairclough serta memadukannya dengan pendekatan unsur psikoanalisis Freudian. Dari hasil analisis data ditemukan adanya penggunaan teks dari segi liguistis yang mana Representasi anak kalimat menunjukkan pemilihan diksi dan majas personifikasi. Selanjutnya Representasi hubungan kalimat menujukkan adanya unsur pragmatik seperti “ilokusi” dan bahasa “sarkasme”. Dari seluruh pembentukkan wacana terdapat faktor yang mempengaruhi ide atau gagasan yang menghegomi bahasa. Fungsi Id ditekan oleh Ego dan Superego sebagai penyampai hasrat libido mahasiswa kedalam bentuk simbolik (slogan). Ranah simbolik tersebut menguasai pembentukan wacana. Kekuasaan hasrat menghegemoni kaum mahasiswa.
Kata kunci: Analisis Wacana Kritis; Hegemoni Bahasa; Milenealisasi.
References
Antonio, G. (1971). Selection of Prison Notebook. In Lawrence and Wishart (p. 280). Lawrence nda Wishart.
Conley, T., & Said, E. W. (1985). The World, the Text, the Critic. SubStance, 14(1), 98. https://doi.org/10.2307/3684960
Creswell, J. (2011). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. In Sage (Issue October).
Deborah, S. (2007). Ancangan Kajian Wacana. In Pustaka Pelajar (p. 270). Pustaka Pelajar.
Eriyanto. (2001). Analisis Wacana. In Lkis (p. 290). Lkis.
Fairclough, N. (1995). Critical Discourse Analysis: The Critical Study of Language. In Pearson (p. 360). Pearson.
Fauzan, U. (2014). Analisis Wacana Kritis dari Model Faiclough hingga Mils. Jurnal Pendidikan, 6(1), 1–15.
Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 240–249. https://doi.org/10.26905/jmdk.v6i2.2560
Kristiani Samosir, D., Kurnia Nurhayati, I., & Maulana, S. (2016). Hegemoni Penggunaan Bahasa Inggris Dalam Slogan Perguruan Tinggi (Analisis Wacana Kritis Fairclough Pada Slogan Dua Universitas Swasta Di Kota Bandung). Jurnal Sosioteknologi, 15(1), 124–135. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2016.15.1.11
Said, Edward W. 1983. The World, the Text and the Critic. Cambridge, Massachussets: Harvard University Press.
Wahyu, BN. 2019. Libido yang Ditekan, Pelajar dan Mahasiswa yang Barbar. Sanglah Institute diakses pada https://www.sanglah-institute.org
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id