NILAI-NILAI SOSIAL DALAM NOVEL HUJAN KARYA TERE LIYE SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN KAJIAN PROSA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI DIKSATRASIADA UNIVERSITAS MATHLA’UL ANWAR BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.26618/konfiks.v6i2.2687Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang terdapat dalam novel hujan karya Tere Liye. Metode penelitian yang digunakan dalam mengkaji novel hujan karya Tere Liye adalah metode kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai sosial dalam novel hujan karya Tere Liye yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama Tahun 2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan metode pembacaan model semiotik yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik.Hasil Analisis data terhadap novel hujan karya Tere Liye dapat disimpulkan bahwa nilai sosial yang terdapat dalam novel tersebut yaitu nilai tolong menolong, kekeluargaan, kesetiaan, kepedulian, tanggung jawab, disiplin, empati, keserasian hidup, toleransi, kerjasama, dan demokrasi.Hasil analisis nilai-nilai sosial dalam novel hujan karya Tere Liye dapat dijadikan sebagai alternatif bahan pembelajaran kajian prosa pada mahasiswa pendidikan bahasa sastra Indonesia dan daerah Universitas Mathla’ul anwar Banten
Kata kunci: nilai sosial, novel hujan, bahan pembelajaran
References
Azies, Furqonul dan Hasim Abdul. 2010. Menganalisis Fiksi. Bandung: Ghalia Indonesia.
Dhohiri, T.R. 2007. Sosiologi, Suatu Kejadian Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Yudistira.
Hendropuspito, OC. 2000. Sosiologi Agama. Yogyakarta: Kanisius
Jahuri, Heri. 2010. Cara Memahami Nilai Religius dalam Karya Sastra dengan Pendekatan Reader’s Respons. Bandung: Arfindo Raya
Kosasih. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.
Lestari, Ika. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi.
Padang: Akademia Permata.
Liye, Tere.2016. Hujan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Karya.
Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Ruhimat, T. dkk. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpen FIP UPI.
Zubaedi. 2005. Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id