APLIKASI PROBLEM-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DRAMA

Authors

  • Sitti Aida Azis Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/konfiks.v5i1.1337

Abstract

Artikel  ini memaparkan contoh aplikasi problem-based learning dalam pembelajaran drama. Karya yang dipilih adalah naskah drama Arloji karya Hariyanto. Sebagai subjek belajar adalah SMA kelas X semester 1 (satu). Diterapkannya model ini, guru dengan mudah memantau, mengikuti aktivitas siswa selama berdiskusi dan dapat memberikan penilaian selama proses belajar berlangsung. Di samping itu, siswa mampu  menganalisis, mengatur waktu, tugas,  kelompok kerja, dan cara membuat keputusan.

References

Arends. R.I. 1997. Classroom Instruction and Mamagement. New York: The Mc Graw-Hill Company.

Brahim. 1996. Drama adalah Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.

Damono. 1993. Pengajaran Drama. Jakarta: Gramedia.

Ibrahim, Muslimin. 2005. Pembelajaran Berdasarkan Masalah Latar Belakang, Konsep Dasar dan Contoh Implementasinya. Surabaya: University Press.

Marienau, C. 1999. Self- Assessment at Work: Self Outcomes of Adult Learners Reflection on Practice.

Rahmanto. 1999. Cerita Rekaan dan Drama. Jakarta: Depdikbud. Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D- III.

Sudjiman, Panuti. 1984. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: UI Prees.

Woods. D. 1985. Problem-Based Learning and Problem-Solving in Bood (ed) Problem-Based Learning for the Professions. Sydney: Herdsa

Downloads

Published

2018-06-08

Issue

Section

Artikel

How to Cite

APLIKASI PROBLEM-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DRAMA. (2018). JURNAL KONFIKS, 5(1), 28-34. https://doi.org/10.26618/konfiks.v5i1.1337