PATOLOGI BIROKRASI DALAM KUALITAS PELAYANAN UJI BERKALA KENDARAAN DI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN TAKALAR

Authors

  • Nurhidayat Nurhidayat
  • Muhammadiah Muhammadiah
  • Jaelan Usman

DOI:

https://doi.org/10.26618/kjap.v2i1.870

Abstract

This study aimed to determine the pathology of bureacucracy in the quality of service of periodic testing of motor vhehicles in the transpotation department of Takalar Regency. In this study, the form of pathology was divided into three forms of nepotism, favoritism and unfairness, the type of research is qualitative research. Research basis is descriptive method. The result of this study showed that the pathological form of bureaucracy in the form of nepotism, favoritism and unfairness still occurred in the UPTD of Transportation Departement of Takalar Regency. Factors that cause the pathology of bureaucracy were the blurring of the problem and complicated working system.

 

Keywords : pathology bureaucracy,service quality

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui patologi birokrasi dalam kualitas pelayanan uji berkala kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kabupaten Takalar. Dalam penelitian ini bentuk patologi terbagi atas tiga bentuk yaitu nepotisme,  pilih kasih dan tidak adil.Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe kualitatif. Dasar penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif.  Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah tentang patologi birokrasi di Dinas Perhubungan Kabupaten Takalar dapat disimpulkan bahwa bentuk patologi birokrasi berupa nepotisme, pilih kasih dan tidak adil memang terjadi di UPTD Dinas Perhubungan Kabupaten Takalar. Faktor- faktor yang menyebabkan terjadinya patologi birokrasi yaitu adanya pengaburan masalalah dan cara kerja yang berbelit-belit dari faktor-faktor tersebutlah yang menimbulkan patologi birokrasi dalam pelayanan uji berkala kendaraan bermotor di dinas perhubungan Kabupaten Takalar.

 

Kata kunci: patologi birokrasi,kualitas pelayanan

 

Author Biographies

  • Nurhidayat Nurhidayat
    administrasi negara unismuh makassar
  • Muhammadiah Muhammadiah
    administrasi negara unismuh makassar
  • Jaelan Usman
    administrasi negara unismuh makassar

References

Joko, Widodo. 2011. Etika Birokrasi Pelayanan Publik. Jakarta :

PT. Gramedia Pustaka Utama

Kartono, Kartini. 2007. Patologi Serta Terapinya Dalam Ilmu Administrasi dan Organisai. Jakarta : PT. Refika Aditama

Makmur, 2007.Patologi Serta Terapinya Dalam Ilmu Administrasi Dan Organisasi. Jakarta : PT.Refika Aditama

Robert. 1996. Pelayanan Publik. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Siagian, Sondang. 1994. Patologi Birokrasi.Jakarta : Ghalia Indonesia

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung : Alfabert.

Sianipar, JPG. 2000. Manajemen Pelayanan Masyarakat. Jakarta : Lembaga Administrasi Negara.

Tamaruddin. 2000. Pengembangan Pelaksanaan Pelayanan Prima. Bandung Badan Pendidikan dan Latihan Propinsi Sumatra Barat, Padang abert

Thoha, Mifta. 2003. Birokrasi Dan Politik Di Indonesia.Jakarta : PT. Rajag Rafindo Persada

Utomo, Warsito. 2003. Dinamika Administrasi Publik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Celeban Timur.

Downloads

Published

2017-09-25

Issue

Section

Articles