INOVASI PELAYANAN PUBLIK MELALUI UP3SK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PINRANG
DOI:
https://doi.org/10.26618/kjap.v6i2.4046Keywords:
Inovasi, Pelayanan Publik, UP3SKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi pelayanan publik melalui UP3SK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dalam penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif yaitu untuk menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti. Metode penelitian ini dianggap mampu menjelaskan penelitian ini secara mendalam. Fokus penelitian ini pada teori atribut inovasi oleh Rogers yaitu: Relative Advantage (Keuntungan Relatif), Compatibility (kesesuaian), Complexity (Kerumitan), Triability (Kemungkinan Dicoba), Observability (Kemudahan Diamati). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik melalui UP3SK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang dapat dilihat berdasarkan atribut inovasi menurut Rogers. Pada atribut relative advantage diketahui bahwa keuntungan dari adanya inovasi pelayanan UP3SK adalah meminimalisir praktek percaloan dan lebih memudahkan masyarakat. Pada atribut compatibility menjelaskan bahwa inovasi pelayanan UP3SK sesuai dengan keinginan masyarakat dalam proses pengurusan dokumen yang lebih mudah. Atribut complexity menjelaskan bahwa tidak ada kerumitan dalam pengurusan dan juga dalam proses pelayanan UP3SK. Namun ada beberapa kendala yaitu belum lengkapnya sarana dan prasarana dalam proses pelayanan UP3SK, serta tidak jelasnya aturan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dalam pelaksanaan pelayanan UP3SK. Atribut triability juga menjelaskan bahwa tidak adanya fase uji coba kepada masyarakat dalam pelayanan UP3SK. Hanya ada percobaan teknis di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang. Pada atribut observability menunjukkan bahwa selama pelayanan UP3SK berjalan, telah sesuai dengan keinginan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pinrang yakni untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen penting dan meminimalisir percaloan atau pungutan liar.
References
Abdullah, Muh. Tang. 2016. Inovasi Pemerintahan Daerah : (Studi Inovasi Penyelenggaraan Urusan Pendidikan di Kabupaten Gowa), Disertasi: FIA Universitas Brawijaya.
Angraeny. 2013. Jurnal kebijakan dan Manajemen Publik. vol. 1. no. 1.
Dhewanto Wawan dkk. 2014. Manajemen Inovasi. Yogyakarta. Penerbit: Andi Offset.
Dwiyanto, Agus. 2015. Manajemen Pelayan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada Press.
Mahmudi. 2010. Manajemen Kinerja Sektor Publik, Edisi. kedua. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta.
Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta. Penerbit: Universitas Indonesia (UI-Press).
Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Penerbit: PT Remaja Rosdakarya.
Mulgan, G & Albury, D. 2003. Innovation in the Public Sector. Working paper version 1.9. October, Strategy Unit UK Kabinet Office.
Mulyadi Deddy, Gedeona Hendrikus dan Nur Muhammad. 2016. Administrasi Publik untuk Pelayanan Publik. Bandung. Penerbit: Alfabeta.
Noor, Irwan. 2013. Desain Inovasi Pemerintahan Daerah. Malang. Penerbit: UB Press.
Pauzi, Rizal. 2018. Inovasi Penataan Pedagang Kaki Lima di Kabupaten Maros. Tesis: FISIP Universitas Hasanuddin.
Putera Prakoso, dkk. 2014. Kebijakan Inovasi di Daerah. Jakarta. Penerbit: LIPI Press.
Putra, Fadhilla. 2012. New Public Governance. Malang: UB Press.
Rahayu, Ami. 2015. Manajemen Perubahan dan Inovasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Universitas Indonesia (UI-Pers).
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sangkala. 2014. Innovative Governance : Konsep dan aplikasi. Surabaya. Capiya Publishing.
Sinambela, Lijan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Steelman, Toddi A. 2010. Implementing innovation: fostering enduring change in environmental and natural resource governance, Washington: Georgetown University Press.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung. Penerbit: Alfabeta.
Sumarto, Hetifah Sj. 2009. Inovasi, Partisipasi dan Good Governance. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Surjadi. 2012. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: Reifika Aditama.
Suwarno, Yogi. 2008. Inovasi di Sektor Publik. Jakarta : STIA-LAN Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).