KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS PENANAMAN MODAL, PELAYANAN TERPADU SATU PINTU, KOPERASI USAHA KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN MAMUJU TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.26618/kjap.v6i2.3504Keywords:
Kualitas, pelayanan, publikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Mamuju Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif yang berarti bahwa penelitian dilakukan untuk memahami fenomena yang dialami subjek penelitian. Penelitian dilakukan di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Mamuju Tengah. Informan penelitian adalah kepala dinas penanaman modal, sekretaris dinas, pegawai PNS dan kontrak dan masyarakat kabupaten Mamuju Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik yang ada di Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Mamuju Tengah belum maksimal dan butuh perbaikan, diliahat dari berbagai kekurangan indikator dinataranya ; tangible, reliability, responsiveness, assurance,dan empathy. Saran dalam penelitian ini adalah perlu di terapkan palayanan berbasis online agar dapat mempermudah masyarakat dalam menrima layanan dan perlu penambahan personil(SDM) serta penambahan sarana dan prasaranaReferences
Ainur Rohman, A & dkk. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Malang : Averroes Press
Atep Adya Barata. 2003. Dasar – Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Yudhistira
David Mckevitt .1998. Managing Core Public Service, Oxford : Bleckwell
Gita Crystalia. 2015. Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo (Doctoral Desertation Jurusan Pendidikan Administrasi)
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media
Ibrahim Amin 2008 Teori Dan Konsep Pelayanan Serta Implementasinya. Jakarta : Mandar Maju
Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group
Keban, Yeremias T. 2008. Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori, dan Isu Edisi Kedua. Yogyakarta : Gaya Media
Lukman, Sampara 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan, STIA-LAN Jakarta
Ratminto dan Atik Septi Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Parasuraman, dkk 1998. Servqual : A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perceptions Of Service Quality. Jurnal Of Retailing
Santoso, Pandji, 2012, Administrasi Publik, Teori, dan Aplikasi Good
Governance, Bandung: PT Refika Aditama.
Sedarmayanti, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Refika Aditama
Sinambela Lijan Poltak, 2016. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, Dan Implementasi, Pt. Bumi Aksara, Jakarta
Sugiyono, 2012. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.
Bandung : Alfabeta,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).