Peningkatan Kualitas Pelayanan Administrasi Melalui Penyusunan Standar Pelayanan Di Kantor Desa Kalebentang Kecamatan Galesong Selatan Kabupaten Takalar
DOI:
https://doi.org/10.26618/kjap.v9i3.13011Keywords:
kualitas pelayanan, pelayanan publik, standar pelayananAbstract
Pelayanan publik oleh birokrasi masih banyak menghadapi beberapa permasalahan seperti adanya calo, prosedur yang membingungkan, serta ketidakpastian terkait waktu dan biaya yang membuat akses pelayanan sangat sulit dan tidak merata bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun Standar Pelayanan (SP) di Kantor Desa Kalebentang guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan fokus grup diskusi (FGD). Hasil penelitian ini menghasilkan enam (6) Standar Pelayanan yang akan diterapkan di Kantor Desa Kalebentang, termasuk pelayanan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), Surat Pengantar Catatan Kepolisian, Surat Keterangan Usaha (SKU), Surat Pengantar Kartu Keluarga, Surat Pengantar Kartu Tanda Penduduk, dan Surat Keterangan Jual Beli Tanah. Setelah dilakukan kegiatan fokus grub diskusi (FGD) bersama aparat desa dan masyarakat, dilanjutkan pada tahap penetapan dan penerapan Standar Pelayanan dengan melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman di lingkungan Kantor Desa Kalebentang, dan terakhir yaitu penetapan maklumat pelayanan yang berisi pernyataan kesanggupan para pelaksana untuk menjalankan pelayanan sesuai dengan Standar Pelayanan yang telah ditetapkan bersama.
References
Asmarianti, A. (2023). Perancangan Standar Operasional Prosedur (SOP) Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pada Kantor Kelurahan Maccini Sombala Kota Makassar. Admit: Jurnal Administrasi Terapan, 1(1), 89-106.
Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif.Makassar: CV. Syakir Media Press.
Bazarah, J. (2023). Implementasi Good Governance Dalam Pelayanan Publik (Kajian Literasi Permasalahan Pelayanan Publik di Indonesia). Prediksi: Jurnal Administrasi dan Kebijakan, 22(1), 35-43.
Habibi, M. M., Sukriono, D., Rapita, D. D., & Sudirman, S. (2019). Pendampingan pembentukan standar pelayanan publik pemerintahan desa sebagai upaya mewujudkan good village governance. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS), 19-27.
Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Mayasari, B., & Budiantara, M. (2023). Penerapan Standar Pelayanan Publik di Desa Gesikan. Yogyakarta. Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri. 2(2).
Ombudsman Republik Indonesia. 2021. Ringakasan Eksekutif Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2021.
Ombudsman Republik Indonesia. 2022. Ringakasan Eksekutif Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2022.
Sugiman, S. (2018). Pemerintahan Desa. Fakultas Hukum Universitas Suryadarma. Binamulia Hukum. 7(1), 82-95.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).