Strategi Lurah Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai Di Kantor Kelurahan Karunnrung Kecamatan Rappocini Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.26618/kimap.v5i2.14476Abstract
ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Lurah dalam Peningkatan Kinerja Pegawai di Kantor Kelurahan Karunrung. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulam data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan hasil penelitian ini menunjukan 5 dimensinya yaitu: 1) meningkatkan motivasi kerja pegawai dilakukan lurah dengan memberikan motivasi berupa pemberian apresiasi berupa pujian atau bonus terhadap kinerja pegawai. 2) meningkatkan kesejahteraan pegawai, yakni lurah memberiksn tunjangan maupun bonus kepada para pegawai yang memiliki kinerja yang baik; 3) menciptakan iklim organisasi yang harmonis yakni dengan saling terbuka, lurah yang cukup ramah serta saling mengharagai antara atasan dan bawahan maupun sesama pegawai; 4) kepemimimpinan di Kelurahan Karunrung cukup efektif jika dilihat dari ke3 indikator diatas sudah berjalan dengan baik, namun belum bisa dikatakan efektif sepenuhnya dikarenakan masih terdapat disiplin jam kerja pegawai yang masih rendah, 5) pengembangan karir, belum dilaksanakan di Kantor Kelurahan namun lurah meningkatkan kemampuan pegawainya dengan mengikutkan pegawainya melalui pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Makassar.
Kata kunci: Strategi, Kinerja Pegawai
References
Anwar Prabu. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.
Anwar Prabu Mangkunegara. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.
Astuti, R. yudi, & , muhammad rifaldi, D. (2021). Manajemen Kinerja. In Manajemen Kinerja (pp. 45–46). nata karya.
Ayu, A. (2022). Strategi Peningkatan Kinerja Kepolisian Dalam Memberikan Pelayanan Publik Di Kepolisian Sektor Galesong Kabupaten Takalar. Volume 3.
debby, michael, E. (2016). kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan publik di kantor kecamatan pineleng kabupaten minahasa. Ilmu Sosial Dan Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan, 2, 66.
Deriyani. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja Pegawai Melalui Perbaikan Kominikasi dan Motivasi Kerja pada Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Tulang Bawang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Ismail solihin. (2012). Manajemen Strategik. Erlangga.
Isniati, F. M. R. (2019). Manajemen Strategi (Giovanny (ed.); cetakan ke, p. 3). Penerbit Andi.
M.Miles, M. H. (2007). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber tentang metode-metode baru (Universitas Indonesia Press (ed.)).
Nasrullah Nursam. (2017). Manajemen kinerja. 2, 169. https://doi.org/1024256
Sedarmayanti. (2014). Manajemen Strategi. Refika Aditama.
Sinambela Lijan Poltak. (2016a). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan pe). 2016.
Sinambela Lijan Poltak. (2016b). Manajemen Sumber Daya Manusia (Suryani & D. Restu (eds.); cetakan pe). Bumi Aksara.
Sinambela Lijan Poltak. (2016c). Manajemen Sumber Daya Manusia (Suryani & Damayanti Restu (eds.); Cetakan 1). Bumi Aksara.
Sinambela Lijan Poltak. (2016d). Manajemen Sumber Daya Manusia (Suryani & D. Restu (eds.); Cetakan 1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
In the event that the article is accepted by the Editorial Team of KIMAP: Scientific Review of Public Administration, with registration number ISSN 2746-0460 (online) and there is a decision to publish the article, the copyright of the article passes to KIMAP: Scientific Review of Public Administration, with registration number ISSN 2746-0460 (online).
The Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar in collaboration with the Indonesian Association for Public Administration (IAPA) as the publisher of the Scientific Review of Public Administration, with registration number ISSN 2746-0460 (online) holds the copyright to all articles published in this journal.
The Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Sciences, University of Muhammadiyah Makassar in collaboration with the Indonesian Association for Public Administration (IAPA) has the right to reproduce and distribute this article and the author is not allowed to republish the same article that has been published in this journal.
Manuscript Authenticity and Copyright Statement can be downloaded: Click Here
After filling out the statement, please send it via email: kimap@unismuh.ac.id