RESPONSIBILITAS PELAYANAN JASA TRANSPORTASI LAUT PT. PELINDO III PELABUHAN STAGEN KABUPATEN KOTABARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Authors

  • Hesty Sebita Ria Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Tahir Muhammadiyah Makassar
  • Ihyani Malik Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/kimap.v4i1.11309

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggung jawab jasa transportasi laut PT. Pelabuhan Pelindo III Stagen, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi kasus dimana terdapat 6 informasi. Pendekatan penelitian didasarkan pada observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Berdasarkan penelitian terkait Tanggung Jawab Pelayanan Transportasi Laut PT. Pelindo III Pelabuhan Stagen, Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan sebagai berikut: 1) pengertian pelayanan, hasil pengamatan mengatakan bahwa pelayanan di Pelabuhan Stagen lebih meningkat dari sebelumnya karena sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku. 2) evaluasi kinerja, dapat disimpulkan bahwa evaluasi kinerja memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah perusahaan dapat meningkatkan kualitas pekerjanya dengan melakukan evaluasi kinerja. Sementara itu, dampak negatifnya adalah pekerja merasa sedikit terbebani. 3) Tindakan yang akurat, adil, dan tepat waktu, penumpang yang tidak tepat waktu dan menyebabkan keterlambatan harus ditunda karena menunggu penumpang 4) komitmen dari pimpinan, telah dilakukan dengan memperhatikan 3 indikator di atas.

Kata Kunci : Tanggung Jawab, Jasa Transportasi Laut

Downloads

Published

2023-08-02