PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KMP BALIBO DI PELABUHAN PAMATATA PT. ASDP INDONESIA FERRY (PERSERO) CABANG SELAYAR
DOI:
https://doi.org/10.26618/kimap.v4i1.10483Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengarahkan tanggapan responden terhadap kualitas pelayanan di KMP Balibo di pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan pengukuran instrumen penelitian yaitu skala Likerts. Data dikumpulkan dengan cara observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan software SPSS versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang KMP Balibo. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t yang menunjukkan variabel kualitas pelayanan yang diperoleh sig. 0,00. Nilai 0,00 <0,05 dan nilai t-hitung adalah 12,769 dan diketahui bahwa t-tabel adalah 1,993. tcount 12.769 > ttable 1.993 maka keputusannya adalah HO ditolak dan Ha diterima. Kemudian ditemukan juga bahwa pengaruh variabel mutu pelayanan terhadap variabel kepuasan penumpang sebesar 69,1% melalui uji koefisien determinasi.
Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan penumpang
Downloads
Published
Issue
Section
License
In the event that the article is accepted by the Editorial Team of KIMAP: Scientific Review of Public Administration, with registration number ISSN 2746-0460 (online) and there is a decision to publish the article, the copyright of the article passes to KIMAP: Scientific Review of Public Administration, with registration number ISSN 2746-0460 (online).
The Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar in collaboration with the Indonesian Association for Public Administration (IAPA) as the publisher of the Scientific Review of Public Administration, with registration number ISSN 2746-0460 (online) holds the copyright to all articles published in this journal.
The Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Sciences, University of Muhammadiyah Makassar in collaboration with the Indonesian Association for Public Administration (IAPA) has the right to reproduce and distribute this article and the author is not allowed to republish the same article that has been published in this journal.
Manuscript Authenticity and Copyright Statement can be downloaded: Click Here
After filling out the statement, please send it via email: kimap@unismuh.ac.id