EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI METODE PEMBIASAAN SISWA SD NEGERI TUNGKULREJO KECAMATAN PADAS, KABUPATEN NGAWI

Authors

  • Filia Nurkholisah STKIP Modern Ngawi
  • Tri Wardati Khusniyah STKIP Modern Ngawi
  • Yes Matheos Lasarus Malaikosa

DOI:

https://doi.org/10.26618/jrpd.v5i1.7236

Keywords:

Pendidikan Karakter, Metode Pembiasaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter siswa SD Negeri Tungkulrejo yang muncul secara sadar sebagai bentuk hasil dari penerapan metode pembiasaan di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dari kepala sekolah, guru, orang tua, siswa, dan pengurus komite serta sumber data sekunder dari artikel dan dokumentasi kegiatan pembiasaan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data yang diambil menunjukkan pengaruh besar pada perubahan karakter siswa SD Negeri Tungkulrejo setelah menerapkan metode pembiasaan. Melihat permasalahan karakter yang muncul setelah diperbolehkannya Pembelajaran Tatap Muka untuk menyikapinya pihak sekolah, orang tua, dan pengurus komite merencanakan kegiatan pembiasaan sebagai metode untuk menanamkan kembali karakter pada siswa di sekolah. Dalam penerapannya secara berulang-ulang menuntun siswa untuk melakukannya secara sadar tanpa paksaan atau aturan dari orang lain maupun sekolah. Dari penjelasan tersebut dapat dikatakan bahwa metode pembiasaan ini memang efektif dan layak untuk digunakan dalam menanamkan kembali karakter siswa SD Negeri Tungkulrejo.

Author Biography

  • Filia Nurkholisah, STKIP Modern Ngawi
    Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Modern Ngawi

References

Abidin, A. Mustika. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Didaktika: Jurnal Kependidikan.

JASMANA, J. (2021). Menanamkan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Di Sd Negeri 2 Tambakan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 164–172. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i4.653

Khair, Hubbil. (2021).URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DI ERA PANDEMI COVID-19.

M, S. K. P., & Giyartini, R. (2021). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Analisis Kualitatif Metode Pembiasaan Di Pesantren Anak Idrisiyah Cidahu Pusat Kurikulum ( Kementerian Pendidikan. 8(4), 1066–1077.

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 2(1), 123–144.

Sari, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Kegiatan Pembiasaan Dan Keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1952

Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.58

Downloads

Published

2022-04-03

Issue

Section

Articles