ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN ONLINE DITINJAU DARI SUDUT PANDANG GURU DI SDN 4 KAMPUNGDALEM KABUPATEN TULUNGAGUNG

Authors

  • Nourma Oktaviarini Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Bhinneka PGRI, Indonesia
  • KESSI AYU WULANDARI Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Bhinneka PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i2.6079

Keywords:

Kesulitan Guru, Pembelajaran Daring.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripsikan kesulitan pembelajaran online ditinjau dari sudut pandang guru di SDN 4 Kampungdalem Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator perencana, pelaksana, dan penilai diperoleh total skor indikator perencana 66 sehingga diperoleh capaian 46 dengan kategori “cukup”, total skor indikator pelaksana 61 sehingga diperoleh capaian 42 dengan kategori “cukup”, pada indikator penilai mendapat total skor 59 sehingga diperoleh capaian 40 dengan kategori “cukup”. Dapat ditarik kesimpulan bahwa guru yang berperan sebagai perencana, pelaksana, dan penilai dalam pembelajaran mengalami kesulitan dalam (1) menguasai teknologi, (2) pembelajaran dengan metode yang bervariasi, dan (3) merumuskan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2021-10-25