PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL DAKON DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i2.5629Keywords:
Development, Interactive Multimedia, Javanese Language Learning Outcomes.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, keefektifan penggunaan media, dan hasil belajar bahasa Jawa kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar dalam menggunakan multimedia interaktif berbasis permainan tradisional dakon. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket/kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data berupa analisis data angket, analisis data tes, uji homogenitas, uji normalitas, dan uji t-test. Subyek menilai produk untuk media pembelajaran kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar.
Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar Bahasa Jawa.