PROBLEMATIKA FUNGSI MANAJEMEN SEKOLAH PADA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR SERANDAKAN KABUPATEN SERANG

Authors

  • Uyu Mu’awwanah Program Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Zulela M.S Program Pascasarjana Pendidikan Dasar, Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.4462

Keywords:

Problematika, Fungsi Manajemen Sekolah, SDN Serandakan Kabupaten Serang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika fungsi manajemen sekolah pada pendidikan sekolah dasar di sekolah dasar negeri serandakan kabupaten serang. Pengumpulan data dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara pada kepala sekolah dan guru di sekolah dasar serandakan kabupaten serang. Diketahui bahwa manajemen sekolah merupakan tanggung jawab kepala sekolah dan guru sebagai anggota organisasi sekolah. Fungsi manajemen sekolah merupakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan upaya para anggota dalam organisasi sekolah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan harus bertanggung jawab atas target yang ditetapkan untuk mereka capai. Memotret fungsi manajemen sekolah di sekolah dasar negeri serandakan kabupaten serang merupakan upaya peneliti dalam berkontribusi memperbaiki mutu pendidikan.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Bernbaum, M. , Moses, K. (2016). ). Lessons learned in EMIS.

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Peranan Total Quality Management (Tqm) Di Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(2), 226. https://doi.org/10.25078/jpm.v5i2.827

Ibrohim, B. (2016). Keefektifan Organisasi dalam Pemberdayaan Sekolah. Tsaqafah, 5(1), 119. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v5i1.150

Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Dipetik Desember 5, 2019

Salim, Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana

Stoner, James A.F., & Charles Wankel, (1986). Management, Third Edition, Prentice-Hall International, Inc., Englewood Clffes, New Jersey.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Dipetik Desember 5, 2019

Yunita, S. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. 2(1), 86–96. https://doi.org/10.31219/osf.io/9bv4y

Downloads

Published

2021-04-03

Issue

Section

Articles