PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Andi Ardhila Wahyudi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Hamdana Hadaming Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3303

Keywords:

Model pembelajaran Talking Stick, Penjumlahan, Hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika melalui penerapan model
pembelajaran Talking Stick di Sekolah Dasar dengan materi penjumlahan terhadap siswa kelas 1 SD Negeri
No 9 Bone-Bone Kabupaten Takalar. Desain penelitian ini adalah pra-experiment design dengan jenis one
group pretest-posttest design yaitu sebuah experiment yang dalam pelaksanaannya melibatkan satu kelas
sebagai kelas eksperimen. Adapun cara pengambilan sampel yaitu dengan sampling jenuh. Populasinya
adalah siswa kelas 1 SD Negeri No 9 Bone-Bone Kabupaten Takalar sebanyak 27 siswa.Adapun teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan observasi. Hasil dalam penelitian menunjukkan
bahwa skor rata-rata hasil belajar matematika materi penjumlahan di kelas 1 SD Negeri No 9 Bon-Bone
Kabupaten Takalar sebelum penerapan model pembelajaran Talking Stick diperoleh hasil 64,81 sedangkan
setelah dilaksanakan perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan materi yang
sama di peroleh skor rata-rata 80,74. Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa
kelas 1 SD Negeri No 9 Bon-Bone Kabupaten Takalar dengan nilai rata-rata Gain ternomalisasi 0,51
terdapat dalam kategori sedang.

References

Andreyani, Y. (2014).Peningkatan Aktivitas

Belajar Peserta Didik Menggunakan

Model Talking Stick IPS Kelas VI di

SD. Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran Khatulistiwa. 3(4)

Departemen Pendidikan Nasional,

(2007).Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional Nomor 41 tahun 2007, tentang

Standar Proses, Jakarta: Depdiknas.

Iwan. (2016). Penerapan model Pembelajaran

Kooperatif Tipe Talking Stick untuk

Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar

Biologi Siswa pada Materi

Pencemaran Lingkungan XA di SMA

Yapis Manokwari. Jurnal

PancaranPendidikan5(1), 1-12.

Huda, M. (2018). Model-model pembelajaran.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isrok’atun & Amelia, R. (2018). Model-Model

Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT

Bumi Aksara

Mardiana,S. (2015). Pengaruh model

pembelajaran talking stick terhadap

hasil belajar matematika siswa kelas

VIII Smp Negeri Kendari Pada materilingkaran. Jurnal Pendidikan

Matematika, 3 (3), 125-138.

Permendiknas no.41 tahun 2007 tentang

tujuan pendidikan nasional.

Rahayu, S. (2018). Penerapan Model

Cooperative Learning Tipe Talking Stick

untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Siswa. Pedadidaktika Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, 5 (1), 308-318.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori

Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Sugiono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003

Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

(2004). Surabaya: Karina.

Downloads

Published

2020-03-31

Issue

Section

Articles