PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MUATAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS DIPONEGORO

Authors

  • Yulita Dwi Aryani Universitas Kristen Satya Wacana
  • Wasitohadi Wasitohadi Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3221

Keywords:

discovery learning, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD. Metode penelitian ini menggunakan eksperimental-semu (Quasi Experimental Design) dengan Pre-test Post-test Non-equivalent Control Group Design dan menggunakan teknik  pengambilan sampel purpose sampling. Penelitian ini menggunakan analisis data Uji-t. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD dengan menggunakan model discovery learning.

 

Author Biography

  • Yulita Dwi Aryani, Universitas Kristen Satya Wacana
    Progdi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Jhonson, Elaine B. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Media Utama.

Khofiyah, Nur Henik.2019.Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA.http:/journal.um.ac.id/index.php/jptpp/arcticle/view

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Sukses mengimplementasikan kurikulum 2013. Jakarta:Kata Pena

Mawardi, M., & Mariati, M. 2016. Komparasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving Ditinjau Dari Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 3 SD di Gugus Diponegoro – Tengaran. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6 (1), 127-142.https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p127-142.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Purwanti, Kartika Yuni & Suryani.2018.Pengaruh Discovery Learning Dengan Pendekatan Scientific Berbantuan Powtoon Terhadap Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kritis.http://Jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/janacitta/article/view

Rahmatika, Eviana.dkk.2016.Pengaruh Model Discovery Learning Berbantu CD Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Aktivitas Siswa.http:/journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Trianto. 2015. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2020-03-31

Issue

Section

Articles