ANALISIS PENGARUH MOTIVASI SISWA KELAS III SD INPRES PACCERAKANG KOTA MAKASSAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA INDONESIA

Authors

  • Ummu Khaltsum Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2481

Keywords:

Analisis, Motivasi, Pembelajaran Membaca.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi siswa dalam pembelajaran membaca
bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kuantitatif dalam bentuk
persentase. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dipaparkan suatu kesimpulan bahwa
motivasi siswa kelas III SD Inpres Paccerakang kota Makassardalam pembelajaran membaca
pada dasarnya dibagi atas dua bagian yaitu: motivasi yang bersifat eksternal dan motivasi yang
bersifat internal. Motivasi siswa yang bersifat internal dalam aktivitas pembelajaran membaca
masih tergolong rendah. Siswa III SD Inpres Paccerakang kota Makassar pada umumnya belum
memiliki kesadaran yang mendalam dalam pembelajaran membaca. Siswa belum memahami
pentingnya membaca dalam kehidupan manusia. Siswa lebih berminat dalam aktivitas
menggambar daripada membaca buku pelajaran.

References

Aini, I. (2006). Membaca dan Menulis Seasyik Bermain. Bandung: Read! Publishing House.

Asdam, M. (2006). Bahasa Indonesia Menuju Sukses. Makassar.

Cochran, W.G. (1991). Teknik Penarikan Sampel. Edisi ketiga, Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Depdiknas. (1995), Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi kedua, Jakarta: Balai Pustaka.

Dianawati, A. (2005). Membuat Anak Gemar Membaca.Yogyakarta: Antelo Press.

Komandoko, G. (2006). 20 Kiat Membangkitkan Motivasi Belajar Anak. Yogyakarta: Cakrawala.

Sardiman. A.S. (1985). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Singgih, G.G. (1986). Psikologi Perkembangan. PI, BPK, Bandung: Gunung Mulia.

Soli, A. (1991). Interaksi Belajar Mengaiar. Ujung Pandang: FIP-IKIP.

Sudarsono. (2004). Speed Reading (Sistem Membaca Cepat dan Efektif) Cetakan Kesebelas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sudjana, (1994). Motode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sumardi, S. (1994). Psikologi Pendidikan. Universitas Gajah Mada. Jakarta: Rajawali.

Supranto. (1996). Statistik (Teori dan Aplikasi), Edisi Kelima, Jakarta: Erlangga.

Winarno, Surachmat. (1992). Pengantar Interaksi Belajar-mengajar. Bandung: Tarsito.

Downloads

Published

2019-09-29

Issue

Section

Articles