PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VCT GEJALA KONTINUM TEMA 8 DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Desi Kusuma Wardhani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhamadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Sri Muryaningsih Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhamadiyah Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/jrpd.v2i2.2478

Keywords:

Toleransi, VCT, Gejala Kontinum

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap toleransi siswa tema 8 lingkungan sahabat kita
di kelas V SD Negeri I Lumbir dengan menggunakan model pembelajaran VCT Gejala Kontinum.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri
dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas V yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 8
siswa laki-laki. Instrument pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi instrument tes
dan non tes. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi sikap toleransi siswa, lembar
observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa Analisis data yang digunakan terdiri dari
analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai persentase sikap
toleransi siswa pada Siklus I sebesar 61,4% dengan kriteria baik dan Siklus II diperoleh skor sebesar 81,4%
dengan kriteria baik sekali. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan yaitu adanya
peningkatan sikap toleransi siswamenggunakan model pembelajaran VCT Gejala Kontinum di kelas V SD
Negeri I Lumbir

References

Desty, P. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Tipe Percontohan Terhadap Prestasi Belajar Dan Tanggung Jawab Materi Globalisasi. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. 9(1). 23-28

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. (1982). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Purbasari, F., Rusnaini, & Winarno. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Tipe Analisis Nilai Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Penguasaan Kompetensi Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19 (2). 156-169.

Tampubolon. (2014). Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Erlangga

Taniredja, E. M., & Harmianto. (2012). Model-

Model Pembelajaran Inovatif. Bandung:

Alfabeta.

Downloads

Published

2019-09-29

Issue

Section

Articles