PENDEKATAN TPACK DALAM MODEL PROBLEM BASED LEARNINGPADA SISWA SD KATOLIK 2 WOLOAN
DOI:
https://doi.org/10.26618/pebbtk20Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendekatan Technological Pedagogical Content
Knowledge (TPACK) dalam model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran siswa kelas V di SD
Katolik 2 Woloan. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada penggabungan dua pendekatan—TPACK dan
PBL—yang diterapkan secara kontekstual di sekolah dasar dengan keterbatasan teknologi, sesuatu yang
masih jarang dikaji dalam literatur. Celah yang diidentifikasi adalah kurangnya studi yang menelaah secara
mendalam faktor-faktor pendukung penerapan TPACK dalam PBL pada jenjang pendidikan dasar, terutama
di daerah dengan keterbatasan sumber daya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa keberhasilan integrasi TPACK dalam
PBL didukung oleh motivasi guru, dukungan fasilitas dasar dari sekolah, akses terhadap pelatihan
profesional, dan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Studi ini memberikan kontribusi terhadap
pengembangan pembelajaran inovatif di sekolah dasar dan mendorong sinergi antara teknologi, pedagogi,
dan konten dalam pembelajaran berbasis masalah.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.