ANALISIS PENERAPAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD NEGERI PANDU
DOI:
https://doi.org/10.26618/j6yje077Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap pembentukan karakter peserta didik di SD Negeri Pandu. Studi ini menawarkan kebaruan
berupa eksplorasi integratif antara proyek bertema kearifan lokal dan penguatan nilai karakter melalui pendekatan keteladanan serta pembiasaan dalam konteks pendidikan dasar. Berbeda dari penelitian
sebelumnya yang cenderung bersifat konseptual, penelitian ini secara empiris mengungkap praktik implementasi P5 melalui kegiatan berkebun yang melibatkan guru, siswa, kepala sekolah, dan orang tua
secara kolaboratif. Celah dalam literatur sebelumnya yang belum banyak menyoroti dimensi spiritual dan sosial peserta didik melalui konteks lokal di tingkat sekolah dasar diatasi melalui pendekatan kualitatif
deskriptif, dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa proyek P5 berdampak signifikan dalam membentuk karakter religius, gotong royong, tanggung jawab, dan kepedulian
lingkungan. Keberhasilan penerapan P5 dipengaruhi oleh dukungan kepala sekolah, komitmen guru, keterlibatan orang tua, dan ketersediaan sumber daya. Penelitian ini memberikan kontribusi konkret terhadap pengembangan praktik pembelajaran karakter berbasis proyek di sekolah dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.