PROFIL SIKAP MAHASISWA CALON GURU IPA SD TERHADAP SAINS

Authors

  • Aulia Rahmadhani
  • Sulfasyah Sulfasyah
  • Nur Rahmah

DOI:

https://doi.org/10.26618/d02rwe68

Abstract

Pengembangan sikap positif terhadap sains pada calon guru IPA SD merupakan fondasi krusial bagi
kualitas pendidikan sains di masa depan, mengingat peran guru dalam membentuk minat dan literasi
ilmiah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil sikap mahasiswa calon guru IPA SD
terhadap sains. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 72
mahasiswa calon guru IPA SD (36 dari Sulawesi Barat dan 36 dari Sulawesi Selatan) yang telah
memprogramkan mata kuliah Konsep Dasar IPA SD pada tahun akademik 2024/2025. Data dikumpulkan
melalui Kuesioner Sikap Terhadap Sains (Attitude Towards Science Questionnaire) dan dianalisis
menggunakan statistik deskriptif (rata-rata, standar deviasi, dan persentase kategori). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa mahasiswa calon guru IPA SD di kedua wilayah secara keseluruhan memiliki profil
sikap yang dominan positif terhadap sains, ditunjukkan oleh rata-rata skor yang identik (2.95) dan tidak
ditemukannya sikap negatif atau sangat negatif. Sikap positif ini tercermin dalam dimensi afektif
(kesenangan, kepercayaan diri, dan rendahnya kecemasan/kesulitan) serta dimensi kognitif (apresiasi
tinggi terhadap nilai sains). Temuan ini mengindikasikan bahwa kurikulum dan metode pembelajaran saat
ini efektif menumbuhkan sikap positif, namun perlu pengembangan strategi yang lebih inklusif untuk
konsistensi partisipasi. Hasil penelitian ini menjadi dasar bagi program pengembangan profesional guru
dan harapan bagi peningkatan minat sains siswa. Sebagai studi deskriptif, penelitian ini membuka jalan
bagi studi lanjutan untuk mengidentifikasi faktor-faktor spesifik yang membentuk variasi sikap.

Downloads

Published

2025-04-01

Issue

Section

Articles