PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN MODEL PJBL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERTEMAKAN KERAGAMAN NUSANTARA UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V

Authors

  • Moh. Sholeh Universitas Negeri Malang
  • Nur Laili Ikawati Ikawati Universitas Negeri Malang
  • Wimawantika Hapsari Nugraha Universitas Negeri Malang
  • Oktavia Wahyuni Saputri Universitas Negeri Malang
  • Imam Rofiki (Scopus ID: 57200654458) Universitas Negeri Malang http://orcid.org/0000-0002-2964-9431

DOI:

https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i2.16265

Keywords:

E-Modul, PjBL, Bahasa Indonesia, Teks Eksplanasi

Abstract

Tema Keragaman Nusantara di kelas V SD adalah langkah awal yang krusial dalam menanamkan kesadaran akan keberagaman budaya sejak dini.Salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran adalah dengan mengadopsi inovasi teknologi, seperti pengembangan  E-Modul  interaktif. Dengan mengintegrasikan model Project Based Learning melalui E-Modul, peserta didik tidak hanya menerima informasi, tetapi juga terlibat langsung dalam proses belajar, sehingga pemahaman mereka terhadap konsep keragaman menjadi lebih mendalam dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dikenal juga R&D. Dengan tujuan mengembangkan E-Modul interaktif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang bertemakan Keragaman Nusantara pada peserta didik kelas V. Hasilnya bahwa E-Modul  berbasis PjBL sangat praktis digunakan dalam pembelajaran baik dari aspek penggunaan, materi, desain, kebermanfaatan, dan juga aspek bahasa.

References

Agus, S. (2010). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Kooperatif. Cv. Ae media grafika.

Amin, M. M., & Romelah. (2024). Pengembangan dan Evaluasi Pembelajaran Materi Menjauhi Pergaulan Bebas Berbasis Project-Based Learning Jenjang SMA. Relinesia: Jurnal Kajian Agama dan Multikulturalisme Indonesia, 3(4), 204–214.

Arifin, B., Handayani, E., Yunaspi, D., … R. E.-I. J. O., & 2023, U. (2023). Transformasi Bahan Ajar Pendidikan Dasar ke Arah Digital: Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Sekolah Dasar Di Era Teknologi Cybernetics. J-Innovative.Org, 3(5), 1–10.

Astuti, F., Widodo, S. A., Taufiq, I., Pusporini, W., & Mansor, K. A. (2023). Critical Thinking Skills Of Year 10 Sanguinis Students In Learning Based On Niteni, Nirokke, And Nambahi. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 149-176.

Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., Slamet, St. Y., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.56190

Fujiarti, A., Meilania, D. K., Angraeni, M., & Umah, R. N. (2024). Literatur Review: Pengaruh Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(01), 83-89.

H. Izza, W. S. Wardhono, and A. Suharsono. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif sebagai Sumber Belajar pada Materi Komunikasi Jaringan Komputer dan Telepon Kelas XI Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 3 Malang. J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput, 7(5).

Hendrowati Tri Yuni. (2015). Pembentukan Pengetahuan Lingkaran Melalui. e-DuMath , 1(1), 1–16.

Hilda, Sismulyasih, N., Wati, T. I., & Afifah, T. F. (2023). Media pembelajaran SD (1 ed.). Cahya Ghani Recovery.

Idul Adha, & Faridi Faridi. (2024). Inovasi dalam Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Akhlaq. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(5), 119–137. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i5.532

Irmawati, I., Baktiar, M., & Hutapea, B. (2023). Pemanfaatan E-Modul Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Canva pada Prodi Pendidikan Matematika dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 145-152.

Kariadi, D., & Suprapto, W. (2018). Model Pembelajaran Active Learning Dengan Strategi Pengajuan Pertanyaan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran PKn. Educatio, 13(1), 11–21. https://doi.org/10.29408/edc.v12i1.838

Kurniawati, E., & Matang, M. (2023). Pembentukan Karakter Kebangsaan Berbasis Nilai-Nilai Kenusantaraan. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 10(2), 169–182. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.22509

Magdalena, I., Wiyanti, O., & ... (2024). Asumsi Dasar Desain Pembelajaran. Sindoro: Cendikia …, 3(1), 21–30.

Riskayanti, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis, Komunikasi, Kolaborasi Dan Kreativitas Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sma Negeri 1 Seteluk. Secondary: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(2), 19–26. https://doi.org/10.51878/secondary.v1i2.117

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Janah, R. M. M., Thifana, A. R., Susanti, R., & Marini, F. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning pada Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 3678-3684.

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas peserta didik pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project based learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879-1887.

Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2), 221–230. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11830

Sugiyono. (2019). Metedologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-10-01

Issue

Section

Articles