PENGARUH MODEL PEMBALAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERINTEGRASI KARAKTER RASA INGIN TAHU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1565Keywords:
Numbered Heads Together, Karakter Rasa InginTahu, Prestasi BelajarMatematikaAbstract
Pengintegrasian karakter dalam pembelajaran dilakukan untuk mencegah terjadinya degradasi nilai-nilai etika dan moral dikalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terintegrasi karakter rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Petompon 01 Kota semarang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV A dan Kelas IV B. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar penilaian validator, tes hasil belajar dan lembar pengamatan karakter. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis data kevalidan perangkat pembelajaran, analisis data instrument tes hasil belajar dan uji pengaruh. Hasil analisis data : 1) Perangkat pembajaran matematika yang telah diimpementasikan valid berdasarkan penilaian ahli, 2) terdapat 14 butirsoal yang akan digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa, 3) uji pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terintegrasi karakter rasa ingin tahu terhadap prestasi belajar posttest dengan menggunakan uji regresi sederhana diperoleh nilai sig. = 0,000 dimana 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh karakter rasa ingin tahu (X) terhadap prestasi belajar posttest (Y). Selain itu diperoleh persamaan regresi Y = -26,291 + 1,311x. Persamaan regresi dijadikan sebagai dasar prediksi prestasi belajar posttest (Y) jika diketahui karakter rasa ingin tahu (X).References
Huda, M. 2013. Cooperative Learning : Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan , Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lickona, T. 2013. Education For Character :Mendidik untuk Membentuk Karakter. Terjemahan Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara
Mulyana, S. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Cooperative Learning Tipe STAD Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Materi Pecahan Desimal Kelas V. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Unnes
PISA. 2015. PISA Result in Focus. Organization for Economic Cooperation and development (https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf ). Diunduh 1 Juli 2017
Pujiastuti. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Cooperative Group Investigation Bermuatan Pensdidikan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan
Masalah Matreri Himpunan Siswa Kelas VII. Tesis. Semarang: Program Pascsarjana Unnes
Rusilowati, A., Hartono., & Supriyadi. 2012. Pengembangan model pembelajaran Better Teaching and Learning Berkarakter untuk Membekali Kompetensi Pedagogi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 29 (2): 83-92
Sekretariat Jendral MPR RI, 2008. Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Jakarta: Majelis
Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia.
Suharto. 2013. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Bermuatan Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Program Linier Kelas
XI. Tesis. Semarang: Program Pascsarjana Unnes
Sukestiyarno. 2014. Statistika Dasar. Yogyakarta : Andi Offset
Sukestiyarno. 2015. Integrasi Nilai Pendidikan Karakter. Suara Merdeka 27 Februari 2015. Diakses tanggal 21 April 2017.
Wibowo, T. 2010. Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Diakses dari http://www.pendidikankarakter.com/pe
ntingnya-pendidikan-karakter-dalamdunia-pendidikan/
(diunduh 29 Januari 2016)