PENGARUH MULTIMEDIA BERBASIS FUN LEARNING MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA DI SDN 1 CEMPAKA
DOI:
https://doi.org/10.26618/jrpd.v7i2.15531Keywords:
Multimedia, Fun Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilaksanakan guna menguji pengaruh multimedia berbasis fun learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi kekayaan budaya Indonesia di SDN 1 Cempaka, melalui desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Peneliti menguji peserta didik melalui pemberian soal pretest dan posttest guna melihat perbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah diberi treatment. Penelitian ini menggunakan sampel satu kelas dengan teknik samplingnya purposive sampling. Teknik ini dipilih berdasarkan sasaran penelitian yang mempunyai karakteristik yang sesuai dengan tujuan penelitian. Untuk itu, peneliti memilih kelas empat SD Negeri 1 Cempaka dengan jumlah 45 peserta didik sebagai sampel penelitiannya. Penelitian ini mengimplementasikan instrumen soal pretest dan posttest pilihan ganda yang berjumlah 15 butir soal, wawancara kepada wali kelas, dan kuesioner respon peserta didik terhadap penerapan multimedia berbasis fun learning yang berjumlah 15 item pernyataan. Instrumen ini sudah dipastikan kevalidannya oleh ahli. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dibuktikan bahwa multimedia berbasis fun learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan melalui pengujian uji non parametrik yaitu menggunakan uji wilcoxon, dimana signifikansi signifikannya sebesar 0,000 yang artinya taraf signifikansi ≤ 0,005. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang mana membuktikan adanya pengaruh penerapan multimedia berbasis fun learning terhadap hasil belajar materi kekayaan budaya Indonesia karena nilainya meningkat apabila menerapkan multimedia berbasis fun learning dalam pembelajarannya.References
Alyusfitri, R., Nora, Y., & Fadhillah, H. I.
(2023). Analisis Respon Siswa Terhadap
Proses Pembelajaran Berbantuan
Multimedia Interaktif di Sekolah Dasar.
Pembelajaran. 7(1), 113–126.
https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1
Daud Yahya, M., Budi Susilo, C., Mayadiana
Suwarma, D., Veza, O., Studi Sarjana
Terapan Keperawatan Anestesiologi, P.,
Keperawatan, F., & Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, P. (2023). Hubungan
Penggunaan Multimedia dalam
Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil
Belajar Peserta Didik. Journal on
Education, 06(01), 25–34.
Ega, S., Rahayu, F. S., & Nurarafah, W. (2023).
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik
Kelas IV dengan Model TGT Pada Materi
Nilai Tempat Bilangan. Jurnal Basicedu,
(5), 3131–3139.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6
Faiz, A., Jannah, W. N., & Adawiyah, R.
(2022). Penggunaan Media Magic Box
Sikla Di Sekolah Dasar. ELSE
(Elementary School Education Journal)
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Sekolah Dasar.
https://doi.org/10.30651/else.v6vi2i.1367
Maisurah, D. (2023). Analisis Respon Peserta
Didik Terhadap Penggunaan Media
Pembelajaran Berbasis Multimedia Di
Sdn 008 Pulau Lancang (Vol. 4, Issue 2).
Mardianto. (2012). Kajian Hasil Belajar.
Psikologi Pendidikan, 12–36.
http://repository.uinsu.ac.id/408/5/BAB
II.pdf
Nur Jannah, W. (2021). Peranan Technological
Pedadogical Contents Knowledge (Tpack) Dalam Kreativitas Menyusun
Perangkat Pembelajaran (Vol. 13, Issue
.
Pasambo, E., & Radia, E. H. (2022). Meta
Analisis Pengaruh Multimedia Sebagai
Media Pembelajaran Terhadap Hasil
Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.
Jurnal Basicedu, 6(3), 3257–3267.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2
Septiany Rahayu, F., & Nur Tetaripas, K.
(2022). Pendampingan Guru Dalam
Mereduksi Kejenuhan Belajar Daring
Peserta Didik di Masa Pandemi Melalui
Aplikasi Icando. S U R Y A A B D I M A S
(1), 151–158.
https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i1.15