Implementasi Kebijakan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) di SMP Negeri 4 Sungguminasa
DOI:
https://doi.org/10.26618/jppm.v3i2.6577Keywords:
Implementasi, Kebijakan, Sistem Kelas Tuntas BerkelanjutanAbstract
Kebijakan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) di SMP Negeri 4 Sungguminasa dengan beberapa variabel yang mempengaruhi pelaksanaan kebijakan perilaku hubungan antar organisasi, perilaku pelaksana tingkat bawah dan perilaku kelompok sasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) adanya komitmen dan koordinasi yang baik antara Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa dengan SMP Negeri 4 Sungguminasa. Komitmen Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa ditunjukkan pada kegiatan supervisi dan pembimbingan yang dilakukan oleh Pengawas Bina pada kepala sekolah dan guru SMP Negeri 4 Sungguminasa. DPRD Kabupaten Gowa sebagai lembaga legislatif berfungsi sebagai lembaga yang mengawasi jalannya kebijakan SKTB di Kabupaten Gowa mengawal kebijakan SKTB dengan melakukan pemantauan dan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa. (2) Fungsi kontrol yang dilakukan dalam administrasi maupun dalam proses pembelajaran dengan melakukan supervisi dan evaluasi secara berkala kepada guru.(3) Adanya dukungan positif dari guru dan siswa terhadap pelaksanaan kebijakan SKTB dengan adanya kesediaan guru melaksanakan administrasi pembelajaran dan penilaian pembelajaran serta evaluasi penilaian melalui program remisi dan pengayaanReferences
Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Pulblik Edisi Kedua (2003rd ed.). UGM Press.
Hill and Hupe, M. and P. (2002). Implementing Public Policy. SAGE Publications Ltd.
Ismaya, B., & Supriyadi, D. (2020). Manajemen Kebijakan Pendidikan. Refika Aditama.
Nugroho, R. (2009). Public Policy (Edisi Revisi). Elex Media Komputindo.
SKTB, T. (2013). Naskah Akademik Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (Automatic Promotion) (2013th ed.). Dinas Pendidikan Olah Raga dan Pemuda.
Solichin, A. W. (1997). Evaluasi Kebijakan Publik. PT. Bumi Aksara.
Subarsono, A. (2005). Analisis Kebijakan Publik. Pustaka Pelajar.
Tachjan. (2006). Implementasi Kebijakan Publik. Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Bandung.
Dokumen
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dokumen Negara RI.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).