Implementasi Stategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Fisika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai
DOI:
https://doi.org/10.26618/jpf.v5i3.854Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah fisika melalui strategi pembelajaran aktif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sinjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang masing-masing berlangsung 3 kali pertemuan dan 4 kali pertemuan, dengan materi Tekanan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai sebanyak 30 siswa. Indikator yang digunakan Nilai Kemampuan Menyelesaikan Masalah Fisika dalam kategori baik yang diperoleh dari hasil tes setiap akhir siklus, mengalami peningkatan hingga mencapai atau melampaui KKM, yaitu N≥72 dan ketuntasan klaksikal tercapai jika minimal 65% mencapai N≥72. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi pembelajaran aktif dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah fisika, pada siklus I ketuntasan secara klaksikal diperoleh 60,00% dan meningkat menjadi 83,33% pada siklus II.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Masalah Fisika.
This study aims to improve the ability to solve physics problems through active learning strategies of students in grade VIII SMP Negeri 1 Sinjai. This type of research is a classroom action research, conducted in two cycles, each of which lasted 3 meetings and 4 meetings, with Pressure material. The subjects of this study are students of class VIII SMP Negeri 1 Sinjai Sinjai District as many as 30 students. Indicators used Ability to solve Physical Problems in good category obtained from test results at each end of the cycle, increased up to or exceeded KKM, ie N≥72 and climax completeness if at least 65% reached N≥72. The results showed that: active learning strategy can improve the ability to solve physics problems, the cycle I completeness klaksikal obtained 60.00% and increased to 83.33% in cycle II.
Keywords: Active Learning Strategy, Physical Problem
References
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono., & Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi, 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta : Bumi Aksara.
Arif Tiro Muhammad. 1999. Dasar-Dasar Statistik. Makassar : State University Of Makassar.
Dahar, 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Depdikbud Dikti P2LPTK.
Depdikbud, 2000. Pedoman Guru Memahami dan Menangani Siswa Dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Depdikbud, 2003. Petunjuk Pelaksanaan Evaluasi. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Dimyati, Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Renika Cipta.
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Harminingsih. 2008. Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Utuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Materi Logaritma Bagi Siswa Kelas X Program Akselerasi SMA 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2008-2009. PTK. Surakarta.
Indrawati, dan Maman, W. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Deppenas. Bandung.
Kamaluddin, Jalil. 2011. Implementasi Perangkat Strategi Pembelajaran Aktif Dalam meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Fisika pada Siswa SMP Negeri 2 Mandai. Tesis. UNM Makassar.
Muijs,Daniel dan Reynolds,David .2008. Effective Teaching Teori dan Aplikasi (Edisi ke -2 ) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Ringkasan Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA
Nurkencana W, 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.
PPs UNM, 2012. Pedoman Penulisan Tesis dan Didertasi. Makassar : Badan Penerbit UNM
Rabiah, 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Watanpone. Tesis. UNM Makassar.
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Rustaman. 1994. Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Bina Aksara. Jakarta.
Rusyan,T.A,dkk.1989. Pendekatan dan Tesis Magister Pendidikan Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remadja Karya.
Sakka, Ambo.2009. Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Pengajuan Masalah Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makassar. Makassar: UNM.
Silberman. 1996. Active Learning, 101 Strategy to Teach Any Subject. Yappendis. United Stated of America
Sudjana, Nana . 1988. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wina, Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Zaini, Hisyam.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Licence:
Authors are free to:
1. Share: Copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt: Remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as the authors follow the license terms, which include the following:
1. Attribution: You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. ShareAlike: If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
3. No additional restrictions: You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.