Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i2.11488Keywords:
project based learning, learning outcomes, elementary schoolAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model project based learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas VI di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain nonequivalent control group dengan memberikan tes berupa pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI di SDN 64 Singkawang yang berjumlah 19 orang dan siswa kelas VI di SDN 68 Singkawang yang berjumlah 26 orang. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 untuk hasil belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model project based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VI di Sekolah DasarReferences
Abdullah, M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo.
Ayu, D., Manu, M., & Priantini, O. (2022). Implementasi Kurikulum 2013 Dengan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19. WIDYA ACCARYA : Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 13(1). http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/index
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education. Routledge Taylor & Francis Group.
Creswell, J. (2015). Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research I FIFTH EDITION (Fifth). Pearson.
Creswell, J. W. (2012). Educational Research. Pearson.
Hendracipta, N. (2021). Buku Ajar Model-model Pembelajaran SD. Multikreasi Press.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–11. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpb/article/view/713
Johnson, R. B., & Christensen, L. (2020). Educational Research Quantitative Qualitative and Mixed Approaches Seventh Edition. SAGE Publications.
Maesaroh, S. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JM2PI : Jurnal Media Karya Mahasiswa Pendidikan Islam, 03(02). https://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/jm2pi/article/view/523
Mundir. (2012). Statistik Pendidikan. STAIN Jember Press.
Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN Veteran.
Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Jurnal Edumath, 3(2), 110–117. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Model Pembelajaran Inovatif. Nizamia Learning Centre.
Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Widya Gama Press.
Sidiq, U., & Choiri, Moh. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV Nata Karya.
Sularmi, Utaomo, D. H., & Ruja, I. N. (2018). Pengaruh Project-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 475–479. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Syarif, M., Susilawati, E., Hendriani, Y., Sulaeman, A. A., & Agustiani, E. D. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
Tuckman, B. W., & Harper, B. E. (2012). Conducting Educational Research. Rowman & Littlefield Publishers, Inc.