Penerapan Model Scramble untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri Rejang Lebong

Authors

  • Lian Tiara Universitas Terbuka
  • Pipin Devi Era Santi Universitas Terbuka Bengkulu
  • Chandra Chandra Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i2.11048

Keywords:

Penerapan, Model Scramble, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model scramble dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Partisipan. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Kemmis dan Mc Taggart.. Teknik analisis data penelitian ini bersifat kuantitatif dan kualitatif, berupa observasi dan catatan harian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II sebanyak 19 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terlihat bahwa penerapan model scramble untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Rejang Lebong. Hal ini terlihat dari hasil selama nilai yang didapatkan selama siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada setiap siklus meningkat,hal ini menandakan bahwa penerapan model scramble mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Penerapan, model scramble, Hasil Belajar

Author Biographies

  • Lian Tiara, Universitas Terbuka
    Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Pipin Devi Era Santi, Universitas Terbuka Bengkulu
    Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Chandra Chandra, Universitas Negeri Padang
    Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Downloads

Published

2023-09-11

Issue

Section

Articles