Efektifitas Penggunaan Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas III SDN 10 Parenring Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i2.1092Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media gambar seri efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerita pada siswa Kelas III SDN 10 Parenring Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas III SDN 10 Parenring Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru.Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari satu kelas. l. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar menulis cerita siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan tekhnik analisis statistika, yakni statistika deskriptif. Dari hasil analisis statistika deskriptif diperoleh nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) = 58,73 dengan standar deviasi 13,970 berada dalam kategori sangat rendah dan nilai rata-rata setelah perlakuan (posttest) = 76,13 dengan standar deviasi 7,825 berada dalam kategori tinggi, maka diperoleh t0,05 = 2,045. Setelah diperoleh t hitung = 7,76 dan t tabel = 2,045, maka t hitung ≥ t tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa media gambar seri efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerita pada siswa kelas III SDN 10 Parenring Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru.References
Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pengajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2003. Undang-undang SISDIKNAS. Jakarta
Hamalik, Oemar. 1986. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru
Khusnul, Khotimah. 2008. Hakikat Pendidikan. Jakarta: Erlangga
Latuheru, John D. 2003. Media Pengajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi
Qodir, Abdullah. 2008. Pengertian Media Gambar Seri, (online)
(http://repository.uksw.edu//bitstream/handle/123456789/2013/T1_262010785__Bab%20II.pdf?sequence=3, diakses pada tanggal 04 maret 2016)
Rusyana, Yus. 1984. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius
Sabarti, Akhadiah. 1993. Bahasa Indonesia 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Sadiman, Arief. 2003. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Stewig, Sabesta. Dkk. 1999. Belajar dan Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
Sudjana, Dkk. 1990. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&). Bandung: Alfabeta
Sulaiman. 1998. Media Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali
Suparno dan Yunus Mohammad. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka
Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group
Syafi’Ie, Iman. 1999. Pengajaran Membaca dan Menulis di Kelas Awal Sekolah Dasar. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Syamsuri, Sukri, dkk. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press Unismuh Makassar
Tarigan, Djago dan Henry Guntur. Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tarigan Henry Guntur. 1982. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Winataputra. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka