Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Murid Kelas V SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i1.1083Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu disiplin belajar .Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Murid SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Murid SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu korelasional yang akan mengungkap pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Populasi adalah seluruh Murid di SD Negeri Sumanna yang berjumlah 240 murid sampel yaitu seluruh murid kelas V SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar dengan jumlah 50 murid SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Mengingat bahwa populasi penelitian sampel besar maka penulis menggunakan teknik purposive sampling teknik pertemuan secara langsung yang diukur adalah kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar. Untuk Variabel kedisiplinan belajar, diukur dengan menggunakan angket yang disebarkan pada ke 50 orang murid kelas V yang terpilih sebagai responden penelitian. Variabel prestasi belajar didapat dari nilai rata-rata lapor murid dilihat dari hasil belajar. Data kedisiplinan belajar di peroleh nilai rata-rata yaitu 70.02 dan prestasi belajar di peroleh nilai rata-rata yaitu 81.02. Untuk data kedisiplinan belajar dan prestasi belajar diperoleh rhitung sebesar 0,69 dan nilai rtabel untuk n =50 yaitu 0,279 Nilai rhitung>rtabel berarti terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri Sumanna Kecamatan Tamalate Kota MakassarReferences
Arif Gunarso.1993. Bagaimana Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah, Surabaya : Usaha Nasional.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta Rineka Cipta.
Dimyati, (2013). Belajar dan pembelajaran. Jakarta :PT RinekaCipta.
Hurlock, Elizabeth. (1999). Psikologi Perkembangan (suatu pendidikan sepanjang rentang kehidupan). Jakarta :Gelora Aksara Pratama
Koesoema, Doni. 2011. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo
Meichati, Siti.1993. Psikologi Pendidikan (Terjemahan). FIP – IKIP Yogyakarta.
Ma’sumah, Siti. (2015). Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Se-Daerah Binaan II Kecamatan Pertahanan Kabupaten kebumen.Skripsi Publikasi.Semarang: Universitas Negeri Semarang
Mulyasa, E. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung :Remaja Rosda karya
Njoroge, Philomena Mukami and Ann Nduku Nyabuto. 2014. Discipline as a Factor in Academic Performance in Kenya. Journal of Educational and Social Research. (Online). Vol.4 No.1. Tersedia: http://www.mcser.org/journal/index.php/jesr/article/view/1847. Diunduh 9 Januari 2015.
Nursisto. (2008). Mengenal Pelanggaran Tata Tertib di Sekolah tarmizi. Wordpress. Com. (online).
Poerwodarminto, W.J.S. 1997. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Purwanto, Ngalim. 2014. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Ruswandi. (2013). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pesona Sejahtera
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soewondo. (1982). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka
Suryabrata, Sumadi. (2001). Metodologi Penilitan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Bandung :Alfabeta
Tu‟u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Wilis Dahar Ratna. (2011). Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Bandung: Penerbit Erlangga.
Wibisono, Jarwot. (2010). Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Negeri Ngajaran 03 Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010 Salatiga: Sekolah Tinga.
WS. Winkel (1996) . Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia.
Zuriah, Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.cp