Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Youtube sebagai Media Konten Video Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.26618/jko.v3i1.9081Keywords:
Persepsi, Penggunaan Youtube, YoutubeAbstract
Abstrak
Merebaknya penggunaan youtube sebagai media kontent video kreatif memunculkan beragam persepsi bagi yang mengaksesnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa Unismuh Makassar terhadap media youtube serta efek yang ditimbulkan setelah mengakses media youtube. Dengan menggunakan jenis peneliian kualitatif dengan tipe deskriptif, serta melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap informan, penelitian ini mampu mengkategorikan serta menjabarkan beragam persepsi mahasiswa yang dibedakan atas persepsi positif dan persepsi negatif. Pertama, Mahasiswa Unismuh mempersepsi youtube sebagai media konten video kreatif, secara positif dimana youtube bersifat informatif dan sebagai sumber pengetahuan yang efektif, sebagai sarana hiburan, sebagai wadah penyalur kreatifitas dan bersifat inspiratif, serta sebagai sumber mata pencaharian/profesi. Kedua, Mahasiswa Unismuh Makassar mempersepsi youtube secara negatif dimana youtube memungkinkan menjadi media penyebaran aib seseorang, youtube dapat memberikan tontonan yang cenderung merugikan orang lain, serta banyaknya konten drama settingan. Youtube juga sebagai media untuk memanfaatkan kekurangan orang lain sebagai objek candaan yang disebarluaskan, begitupun dengan menyebarkan konten sensasional. Efek yang ditimbulkan oleh youtube sebagai media konten video kreatif berupa efek kognitif (pengetahuan), efek afektif (perubahan sikap), serta efek behavioral (perilaku, tindakan atau kegiatan).References
Cecariyani, A. A. (2018). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten Youtube (Studi Kasus Kontent Prantk Yudist Ardhana .
Chandra, E. (2017). Youtube, Citra Media Informasi Interaktif atau Media Penyampaian Aspirasi Pribadi.
Dahono, Y. (2021, Februari 15). Retrieved Agustus 26, 2022, from Berita Satu.com: https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021
Daryanto. (2011). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Erik Fahron Setiadi, A. A. (2019). Youtube sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education , 313-323.
Flew, T. (2005). New Media, an Introduction. London: Oxford University Press.
Hayes, D. J. (2019). Keefektifan Media Youtube terhadap Kemampuan Menuis Narasi Peserta Didik Kelas VII SMP Putri Al Azhar Pasuruan Tahun Pelajaran 2018/2019.
Karman. (2013, Januari-Juni). Riset Penggunaan Media dan Perkembangannya Kini. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 17(1), 95-96.
Liberty Jemadu, D. P. (2022, Februari 23). Retrieved Agustus 26, 2022, from Suara.com: https://www.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022
Marbun, L. S. (2019). Persepsi Mahasiswa terhadap Gaya Komuikasi Politik Presiden Joko Widodo melalui Media Sosial Youtube.
McQuail, D. (2010). Mass Communication Theory, 6th edition. London: Sage Publication, Ltd.
Mitasari, A. D. (2017). Preferensi Remaja Perempuan Pada Konten Youtube Channel Di Kota Malang.
Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pambudi, R. D. (2021). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Equilibria Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 56-64.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Syaipudin, L. (2020). Peran Komunikasi Massa Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung). Kalijaga: Jurnal of Communication 2 (1), 14-34.
Tresia Monica Tinambunan, C. S. (2022, Mei). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Komunikasi Massa di Kalangan Pelajar. MUTAKALLIMIN: Jurnal Ilmu Komunikasi , 5(1), 14-21.
Uliya, H. (2019). Komodifikasi Pekerja Pada Youtuber Pemula Dan Underated.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who submit manuscripts to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) fully understand and agree that, upon acceptance for publication, the copyright of the article shall be transferred to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) and the Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar, as the journal's publisher. Authors are required to submit a signed Copyright Transfer Agreement as part of the publication process. It can be downloaded: Click Here