Perilaku Komunikasi Toxic Friendship (Studi terhadap Mahasiswa Fisip Universitas Muhammadiyah Makassar)
DOI:
https://doi.org/10.26618/jko.v2i2.8074Keywords:
Perilaku Komunikasi, Komunikasi Verbal, Komunikasi Nonverbal, Toxic FriendshipAbstract
Perilaku komunikasi toxic friendship merupakan bagian dari proses komunikasi yang dialami oleh kalangan sesama mahasiswa. Pola komunikasi ini menggunakan bahasa yang tidak/kurang baik serta disertai dengan tindakan buruk. Hal ini memengaruhi perilaku komunikasi mereka, baik komunikasi secara verbal maupun nonverbal. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perilaku komunikasi Toxic Friendship dengan teman sebaya melalui pesan verbal dan nonverbal dan Untuk mengetahui dampak perilaku komunikasi Toxic Friendship dengan teman sebaya pada mahasiswa Fisip Universitas Muhammadiyah Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu peneliti berusaha mengungkapkan suatu realita atau fakta fenomena sosial. sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder dengan jumlah Informan sebanyak 10 orang mahasiswa. Teknik untuk memperoleh data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan kondisi yang dialami masing-masing mahasiswa dalam menanggapi stimulus yang diberikan toxic friends. Perilaku komunikasi toxic friendship yang dialami oleh mahasiswa Fisipol angkatan 2015-2016 Universitas Muhammadiyah Makassar dominan mendapatkan bentuk komunikasi verbal dibandingkan dengan nonverbal, serta bentuk perilaku Toxic friendship yang dominan dialami beberapa mahasiswa yaitu pengkritik dan tidak ada empati. Kemudian dampak yang dialami dominan merasakan kemarahan. Respon yang timbul yaitu beberapa mahasiswa memilih diam dan meninggalkan circle pertemanan tersebut adapula memilih bertahan dan membicarakannya.References
Buku
Adler, Ronald B., George Rodman. (1985). Understanding Human Communication Second Edition. New York: Holt,
Anni, Catharina Tri, dkk. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES
Anoraga, Pandji. (2009). Psikologi Kerja, Cetakan kelima, Jakarta: Rineka Cipta
Azwar, Z. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bahri, Syaiful. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya
Baron, R, A. & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga Beamer,
L., & Varner, I. (2008) Intercultural communication. New York: McGraw-Hill. Berndt,
Cangara, Hafield. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Cavanaugh, J. C., & Blanchard-Fields, F. (2018). Adult development and aging.
Cengage Learning. -------------------------------------------------. (2006). Adult Development and Aging Fifth Edition, United State:
Thomson Wadsworth Damsar. (2010). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Padang: Kencana
Dariyo, Agoes. (2004). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: Grasindo.
Davison, Gerald C, John M. Neale, Ann M. Kring. (2012). Psikologi Abnormal. Edisi Kesembilan. (Noermala Fajar, Penerjemah). Jakarta: Rajawali Pers. Desmita Dayakisni, Tri, & Hudaniah. (2012). Psikologi Sosial. Malang: UMM Pres
Jurnal
T.J. & Murphy, L.M. (2002). Influence of friends and friendships: : Myths, truths, and research recommendations. In R. V. Kail (Ed.), Advances in child development and behavior, Vol. 30 (p. 275– 310).
Academic Press. Berndt. T, J. (2002). Frienship Quality And Social Development. Departement Of Psychological Sciences. Vol. 11, No. 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who submit manuscripts to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) fully understand and agree that, upon acceptance for publication, the copyright of the article shall be transferred to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) and the Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar, as the journal's publisher. Authors are required to submit a signed Copyright Transfer Agreement as part of the publication process. It can be downloaded: Click Here