Analisis Makna pada Lirik Lagu "Komang" Karya Raim Laode melalui Pendekatan Semiotika Ferdinand De Saussure
DOI:
https://doi.org/10.26618/jko.v7i1.17589Keywords:
Komunikasi, Lirik, Makna LaguAbstract
Musik merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan oleh setiap individu untuk menyampaikan komunikasi dengan cara yang berbeda, yaitu melalui suara karena salah satu tujuan musik sebagai media berkomunikasi. Lagu yang terbentuk dari hubungan antara unsur musik dengan unsur syair atau lirik lagu merupakan media yang digunakan dalam menyampaikan pesan oleh komunikator kepada komunikan dalam jumlah yang besar melalui media massa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dalam lirik lagu. Dimana dalam sebuah lirik lagu memiliki sebuah pesan yang ingin disampaikan pencipta dan penyanyi kepada pendegarnya. Pada penelitian ini, menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis semiotika dari Ferdinand de Saussure dimana objek yang digunakan adalah sebuah lirik lagu dengan membagi keseluruhan lirik lagu menjadi beberapa bait dan selanjutnya perbait akan dianalisis dengan menggunakan teori semiotika dari Ferdinand de Saussure. Model teori dari Saussure lebih memfokuskan perhatian langsung kepada signified (petanda) dan signifier (penanda) serta hubungan sintagmatik dan paradigmatik. Hasil penelitian dari lirik lagu "Komang" bahwa lagu dapat dijadikan media komunikasi ekspresi cinta yang mencerminkan kerinduan dan kekaguman yang mendalam terhadap suatu objek. Ditemukan juga hasil penelitian terkait pengaruh sosial yang dirasakan masyarakat berupa perasaan emosional tentang perjuangan dan harapan.
References
Adisya, A. (2022). Analisis Semiotika Makna Pesan Moral Dalam Lirik Lagu Bts (Bangtan Boys) Berjudul “So What”. Mihsan.
Alex Sobur. (2016). Semiotika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.
Amir Karim, M. (2020). Analisis Nilai Motivasi Dalam Lirik Lagu “Meraih Bintang” Karya Parlin Burman Siburian (Analisis Semiotika De Sausure). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 4(2), 402.
AULIA, E. I. (2022). Pesan Moral dalam Lirik Lagu (Analisis Semiotika Lirik Lagu RAN featuring Hindia dan Endah N Rhesa). 2(1), 1–4.
Cahya, S. I. A., & Sukendro, G. G. (2022). Musik Sebagai Media Komunikasi Ekspresi Cinta (Analisis Semiotika Lirik Lagu “Rumah ke Rumah” Karya Hindia). Koneksi, 6(2), 246–254.
Cangara, H. (2021). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yayasan Kita Menulis.
Danesi, M. (2010). Pesan, Tanda dan Makna. Jalasutra.
Darma, S., Sahri, G., Hasibuan, A., Wirta, I. W., Silitonga, I. D. B., Sianipar, V. M. B., Khoiriah, M., Rayhaniah, S. A., Purba, N. A., Supriadi, Jinan, A., & Jinan, A. (2022). Pengantar Teori Semiotika. Cv. Media Sains Indonesia, 23(4), 1–10.
Destiana, E. &, & Andhiarini, R. M. (2020). Buku Ajar Pendidikan Musik Anak Usia Dini. UMSIDA PRESS.
Doni, Maria Yosephine Desire Ese & Timu, A. . (2021). Analisis Semiotika Pesan Sosial Dalam Lagu “Awas Dong Dengar.” Jurnal Communication, 10–22.
Fitri, S. (2017). Analisa Semiotik Makna Motivasi Lirik Lagu “Cerita Tentang Gunung dan Laut” Karya Payung Teduh. Jurnal Komunikasi, 8(3), 256–261.
Fitroh, D. R. M. (2019). Pesan Moral Dalam Lirik Lagu Beyond The Scene (Bts) (Studi Analisis Semiotika Roland R. Barthes Dalam Album Love Yourself:Tear). 5–10.
Herdiansyah, H. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu- Ilmu Sosial. Penerbit Salemba Humanika.
Hidayat, R. (2019). Analisis Semiotika Makna Motivasi Pada Lirik Lagu “Laskar Pelangi” Karya Nidji. EJournal Ilmu KOmunikasi, 2(1), 243–258.
Ibrahim. (2020). “Makna” Dalam Komunikasi. Al-Hikmah, 9(1), 18–29.
Imron, M. (2018). Semiotika Dalam Lirik Lagu Arab Kun Anta Yang Dipopulerkan Oleh Humood Alkhuder.
Irhamurrahman, M., & Juwita, R. (2024). Analisis Semiotika Makna Motivasi dalam Lirik Lagu “1-800- 273-8255” Karya Logic. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(1), 479–497.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who submit manuscripts to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) fully understand and agree that, upon acceptance for publication, the copyright of the article shall be transferred to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) and the Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar, as the journal's publisher. Authors are required to submit a signed Copyright Transfer Agreement as part of the publication process. It can be downloaded: Click Here