Pola Komunikasi Interpersonal Pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan

Authors

  • Julia Jalil Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hardianto Hawing Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/jko.v7i1.17588

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Pola Komunikasi Interpersonal, Pimpinan dan Staf

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal terhadap pegawai serta apa saja faktor penghambat dalam pola komunikasi interpersonal terhadap kinerja pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selalatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi interpersonal terhadap kinerja pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan ada 2 pola komunikasi, yaitu: Pertama Pola Kesetaraan (equality pattern) memiliki hak dan kesempatan dalam mengutarakan pendapat, ide, dan gagasan. Kedua pola pemisah-seimbang (balanced split pattern) pimpinan dan pegawai memiliki peran yang berbeda. Hambatan komunikasi interpersonal terhadap kinerja pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan ada 2 hambatan komunikasi, yaitu: Pertama hambatan fisik (physical noise) hambatan seperti tulisan tangan yang tidak jelas dibaca. Kedua hambatan fisiologis (physiological noise) hambatan yang efektif antar sesama staf kerja dan kesulitan saat mendengar yang disebabkan gangguan pada saraf.

References

Abdul kadir. (2023). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan. Kendari: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Kendari.

Alwi, Syafarudin. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia StrategiKeunggulan Kompetitif. Yogyakarta: BPFE UGM.

Arni, Muhammad. (2005). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara. Cangara, Hafied, 1998, Pengantar Ilmu komunikasi (Jakarta: RajaGrafindoPersada).

Balqis, Anaqah Farah. (2023). Pola Komunikasi Interpersonal Pimpinan Dan Staf Dalam Meningkatkan Kinerja Pada Subbagian Umum Dan Kepegawaian Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin.

DeVito, Joseph A. (2013) . The Interpersonal CommunicationBook.edisi 11. Pearson Educations.

Effendy, Onong Uchjana. (1990). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Husein Umar. () 2010. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Persada.

Hardianto Hawing, (2020). Tata kelola pemerintahan dalam pengelolaan kawasan tanjung bunga kota makassar Makassar: Universitas Muhamaddiyah Makassar.

Nel Arianty. (2014). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Nurlaila. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia I. Ternate: Penerbit LepKhair.

R Panuju. (2001). Komunikasi organisasi: dari konseptual-teoritis keempiric Heryana, Ade. (2020) Informan Dan Pemilihan Informan Dalam Penelitian Kualitatif. Prodi Kesehatan Masyarakat.

Riska, Sitti Rahma. (2023). “Pola Kounikasi Interpersonal Universitas Esa Unggul

Simarmata, Monika. (2022) “Pola komunikasi yang efektif dalam meningkatkan kinerja karyawan PT Asuransi Sinarmas kota Kota Batam. Universitas Putera Batam.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusaka Jambi.

Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.. Makassar: syakir Media Press. Pimpinan Dan Staf Dalam Meningkatkan Kinerja Pada Subbagian Umum Dan Kepegawaian Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Downloads

Published

2025-02-28

Issue

Section

Articles