Perilaku Komunikasi Toxic Remaja yang Bermain Game Online Mobile Legends Pulau Barrang Lompo Kecamatan Kepulauan Sangkarrang Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.26618/jko.v7i1.17585Keywords:
Komunikasi Toxic, Game Online, Mobile LegendsAbstract
Perilaku komunikasi toxic merupakan tindakan berkomunikasi yang penuh dengan penghinaan, atau provokasi yang bertujuan untuk merendahkan, menyakiti, atau memicu konflik dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku komunikasi toxic remaja yang bermain game online di Pulau Barrang Kecamatan Kepulauan Sangkarrang Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang perilaku komunikasi toxic pada remaja yang bermain game online Mobile Legends di Pulau Barrang Lompo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja yang bermain game online cenderung menggunakan kata-kata toxic. Adapun yang mempengaruhi yakni dalam pembelajaran observasi remaja akan mengamati lingkungan dan pemain lain dalam bermain game online. Keyakinan dan kemampuan pada diri sendiri mempengaruhi cara remaja menyesuaikan perilaku mereka dalam interaksi bermain game. Dan juga menunjukkan bahwa bagaimana lingkungan, dan perilaku remaja saling berpengaruh dan memperkuat perilaku komunikasi toxic.References
Abie, R. W., & Rosmilawati, S. (2023). Perilaku Toxic Dalam Komunikasi Virtual Di Game Online Mobile Legends: Bang Bang Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 9(1), 44–48.
Amir, M., Wajdi, R., & Syukri. (2020). Perilaku Komunikasi Toxic Friendship (Studi terhadap Mahasiswa Fisip Universitas Muhammadiyah Makassar). Jurnal Komunikasi Dan Organisasi (J- KO), 2(2), 93–111.
Arif, M., & Aditya, S. (2022). Dampak Perilaku Komunikasi Pemain Game Mobile Legends Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Journal of Intercultural Communication and Society, 1(01), 31–45.
Hasan, A., Rahmat, A., & Napu, Y. (2021). Dampak Game Online Mobile Legends Terhadap Perilaku Sosial Remaja. Student Journal of Community Education, 1, 1–13.
Kendall, P. C. (1984). Cognitive‐Behavioural Self‐Control Therapy for Children. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 25(2), 173–179.
LESILOLO, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202.
Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Remaja Dalam Pelaksanaan Ibadah Sholat Lima Waktu di Desa Rangai Kecamatan KAtibung Kabupaten Lampung Selatan.
Milyane, T. dll. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandun.
Na, D. E. C., & Hipertensiva, C. (n.d.). Dampak Bermain Game Online Dalam Perilaku Remaja di Desa Makarti Mulya Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir.
Nugrananda Janttaka. (2020). Analisis Dampak Game Online Mobile Legend Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Inventa, 4(2), 132–141.
Pratama, G. F. (2016). BAB 2 Tinjauan Pustaka DBD. Jurnal Unikom, 14.
Pratiwi, E. Y. R., Rochmania, D. D., Asmarani, R., & Edi, M. B. (2019). Positif Negatif Game Online.
Putra, F. F., Rozak, A., Perdana, G. V., & Maesharoh, I. (2019). Dampak Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom University. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 98 103.
Putri, R. C. S., Budiyono, & Kokotiasa, wawan. (2021). Dampak Game Online Mobile Legends terhadap Perilaku Remaja. Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(1), 1–7.
Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).
Ramadhani, D. F., & Yamin. (2021). Hubungan Game Online “Free Fire” Dengan Perilaku Komunikasi Pada Siswa Kelas VI. Jurnal Educatio, 7(3), 818–824.
Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2020). Dampak Game Online Mobile Legends: Bang Bang terhadap Mahasiswa. Perspektif, 7(1), 6–12.
Rika Agustina Amanda. (2016). Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Agresif Remaja Di Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 4(3), 290–304.
Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi. In Rake Sarasin (Vol. 2, Issue 01).
Widianingrum, V. (2022). Perilaku Toxic Remaja Dalam Berkomunikasi Di Game Mobile Legends.
Wisara, M., Angeline, C., Komang, N., Natira, C., & Gea, P. A. (2024). Perilaku Toxic Dalam Komunikasi Online Saat Bermain Game. 8(3), 316–321.
Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi). Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94–111.
Zahn, F., Schäffer, A., & Fröning, H. (2018). Evaluating energy-saving strategies on torus, k-Ary n-Tree, and dragonfly. Proceedings - 2018 IEEE 4th International Workshop on High- Performance Interconnection Networks in the Exascale and Big-Data Era, HiPINEB 2018, 2018-Janua, 16–23.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who submit manuscripts to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) fully understand and agree that, upon acceptance for publication, the copyright of the article shall be transferred to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) and the Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar, as the journal's publisher. Authors are required to submit a signed Copyright Transfer Agreement as part of the publication process. It can be downloaded: Click Here