Perilaku Komunikasi Toxic Remaja yang Bermain Game Online Mobile Legends Pulau Barrang Lompo Kecamatan Kepulauan Sangkarrang Kota Makassar

Authors

  • Muh Zaad Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Arni Arni Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/jko.v7i1.17585

Keywords:

Komunikasi Toxic, Game Online, Mobile Legends

Abstract

Perilaku komunikasi toxic merupakan tindakan berkomunikasi yang penuh dengan penghinaan, atau provokasi yang bertujuan untuk merendahkan, menyakiti, atau memicu konflik dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku komunikasi toxic remaja yang bermain game online di Pulau Barrang Kecamatan Kepulauan Sangkarrang Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang perilaku komunikasi toxic pada remaja yang bermain game online Mobile Legends di Pulau Barrang Lompo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja yang bermain game online cenderung menggunakan kata-kata toxic. Adapun yang mempengaruhi yakni dalam pembelajaran observasi remaja akan mengamati lingkungan dan pemain lain dalam bermain game online. Keyakinan dan kemampuan pada diri sendiri mempengaruhi cara remaja menyesuaikan perilaku mereka dalam interaksi bermain game. Dan juga menunjukkan bahwa bagaimana lingkungan, dan perilaku remaja saling berpengaruh dan memperkuat perilaku komunikasi toxic.

References

Abie, R. W., & Rosmilawati, S. (2023). Perilaku Toxic Dalam Komunikasi Virtual Di Game Online Mobile Legends: Bang Bang Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 9(1), 44–48.

Amir, M., Wajdi, R., & Syukri. (2020). Perilaku Komunikasi Toxic Friendship (Studi terhadap Mahasiswa Fisip Universitas Muhammadiyah Makassar). Jurnal Komunikasi Dan Organisasi (J- KO), 2(2), 93–111.

Arif, M., & Aditya, S. (2022). Dampak Perilaku Komunikasi Pemain Game Mobile Legends Pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Journal of Intercultural Communication and Society, 1(01), 31–45.

Hasan, A., Rahmat, A., & Napu, Y. (2021). Dampak Game Online Mobile Legends Terhadap Perilaku Sosial Remaja. Student Journal of Community Education, 1, 1–13.

Kendall, P. C. (1984). Cognitive‐Behavioural Self‐Control Therapy for Children. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 25(2), 173–179.

LESILOLO, H. J. (2019). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura Dalam Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202.

Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Remaja Dalam Pelaksanaan Ibadah Sholat Lima Waktu di Desa Rangai Kecamatan KAtibung Kabupaten Lampung Selatan.

Milyane, T. dll. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandun.

Na, D. E. C., & Hipertensiva, C. (n.d.). Dampak Bermain Game Online Dalam Perilaku Remaja di Desa Makarti Mulya Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Nugrananda Janttaka. (2020). Analisis Dampak Game Online Mobile Legend Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Inventa, 4(2), 132–141.

Pratama, G. F. (2016). BAB 2 Tinjauan Pustaka DBD. Jurnal Unikom, 14.

Pratiwi, E. Y. R., Rochmania, D. D., Asmarani, R., & Edi, M. B. (2019). Positif Negatif Game Online.

Putra, F. F., Rozak, A., Perdana, G. V., & Maesharoh, I. (2019). Dampak Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom University. Jurnal Politikom Indonesiana, 4(2), 98 103.

Putri, R. C. S., Budiyono, & Kokotiasa, wawan. (2021). Dampak Game Online Mobile Legends terhadap Perilaku Remaja. Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 1(1), 1–7.

Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Ramadhani, D. F., & Yamin. (2021). Hubungan Game Online “Free Fire” Dengan Perilaku Komunikasi Pada Siswa Kelas VI. Jurnal Educatio, 7(3), 818–824.

Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2020). Dampak Game Online Mobile Legends: Bang Bang terhadap Mahasiswa. Perspektif, 7(1), 6–12.

Rika Agustina Amanda. (2016). Pengaruh Game Online Terhadap Perubahan Perilaku Agresif Remaja Di Samarinda. EJournal Ilmu Komunikasi, 4(3), 290–304.

Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi. In Rake Sarasin (Vol. 2, Issue 01).

Widianingrum, V. (2022). Perilaku Toxic Remaja Dalam Berkomunikasi Di Game Mobile Legends.

Wisara, M., Angeline, C., Komang, N., Natira, C., & Gea, P. A. (2024). Perilaku Toxic Dalam Komunikasi Online Saat Bermain Game. 8(3), 316–321.

Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi). Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94–111.

Zahn, F., Schäffer, A., & Fröning, H. (2018). Evaluating energy-saving strategies on torus, k-Ary n-Tree, and dragonfly. Proceedings - 2018 IEEE 4th International Workshop on High- Performance Interconnection Networks in the Exascale and Big-Data Era, HiPINEB 2018, 2018-Janua, 16–23.

Downloads

Published

2025-02-28

Issue

Section

Articles