Komunikasi Organisasi (Studi Kasus Gaya Komunikasi Ketua Humanikom Muh Fauzi Muflih)
DOI:
https://doi.org/10.26618/jko.v4i2.15835Keywords:
Gaya Komunikasi, Ketua HUMANIKOMAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gaya Komunikasi Ketua HUMANIKOM Muh Fauzi Muflih. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara terhadap sejumlah informan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya Komunikasi Ketua HUMANIKOM Muh Fauzi Muflih dalam pelaksanaannya dikatakan sudah baik. Hal tersebut dikarenakan beberapa indikator yang digunakan yaitu (1) The Controlling Style (Gaya Pengontrol), gaya kepemimpinan yang diterapkan ketua Umum sangat aktif dalam melakukan pengontrolan serta pengawasan. (2) The Equalitarian Style (Gaya Persamaan), menerapkan agar lebih mengakrabkan semua pengurus dengan cara merangkul seperti halnya saudara dan keluarga. (3) The Structuring Style (Gaya Penataan), Ketua Umum bersifat transparan terhadap pengurus karena didalam kepengurusan HUMANIKOM memiliki agenda rapat rutin. (4) The relinguishing style (Gaya Pelepasan), Ketua Umum lebih bersifat demokratis. (5) The Dynamic Style (Gaya Dinamis), Ketua Umum selalu mengingatkan dalam mengemban jabatan yang diberikan untuk bertanggungjawab. (6) The Withdrawal Style (Gaya Penarikan), Gaya komunikasi yang diterapkan oleh ketua HUMANIKOM saat menyelesaikan konflik adalah dengan menggunakan gaya komunikasi yang sedikit manipulatif untuk merangkul.
References
Adami, S. (2020). Gaya Komunikasi Pimpinan Terhadap Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Banda Aceh. http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.
Agustang, A. (2022). Konsep Organisasi Dan Pengorganisasian Dalam Perwujudan Kepentingan Manusia. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik.
Apriani, S. (2021). Media Sosial Dalam Kampanye Pilkades Serentak Tahun 2021 (Strategi Komunikasi pada Desa Aeng Batu Batu Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar). Universitas Muhammadiyah Makassar
Badu, S. Q. (2017). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Ideas Publishing.
Berger, C. R. (2014). Interpersonal communication. Interpersonal Communication, 1–616. https://doi.org/10.1515/9783110276794.
Cangara, H. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Rajagrafindo.
Gunawan, A. (2019). Pengaruh Kepribadian Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT AMALA Makassar. Universitas Hasanuddin Makassar.
Hamdani. (2015). Anggaran Dasar HUMANIKOM.
Latief, A. S. (2020). optimalisasi peran leader dalam membangun komunikasi organisasi ekstra kampus (studi atas pergerakan mahasiswa islam [Institut Agama Islam Negeri Jember]. http://digilib.iainjember.ac.id/966/1/SKRIPSI.pdf
M.Kiswanto. (2010). Pengaruh Kepemimpinan dan Komunikasi Terhadap KinerjaKaryawan Kaltim Pos Samarinda. Jurnal Eksis, 11.
Novitasari, I. (2016). Studi Deskriptif Gaya Komunikasi Mertua Perempuan Dengan Memantu Perempuan Yang Tinggal Dalam Satu Rumah Di Kelurahan Tanjung. 2000, 22–25.
Nurohmi, A. F. (2017). Persepsi Gaya Kepemimpinan Dan Komitmen Organisasi Pada Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Di Universitas Negeri Jakarta (Vol. 87, Issue 1,2). Universitas Negeri Jakarta.
Romli, K. (2011). Komunikasi Organisasi Lengkap. Grasindo.
Silali, R. F. (2018). Hubungan Gaya Kepemimpinan Transformasional Dengan Komitmen Organisasi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who submit manuscripts to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) fully understand and agree that, upon acceptance for publication, the copyright of the article shall be transferred to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) and the Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar, as the journal's publisher. Authors are required to submit a signed Copyright Transfer Agreement as part of the publication process. It can be downloaded: Click Here