Strategi Humas DPRD Kota Makassar dalam Menjalankan Aktivitas Media Relations
DOI:
https://doi.org/10.26618/jko.v4i2.15834Keywords:
Strategy, DPRD, Hubungan MediaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi DPRD Kota Makassar dalam Melaksanakan Kegiatan Media Relations. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dengan sejumlah informan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi DPRD Kota Makassar dalam Melaksanakan Kegiatan Media Relations dalam pelaksanaannya dikatakan memiliki namun tidak dapat dikatakan efektif secara keseluruhan. Hal ini berdasarkan indikator yang digunakan yaitu (1) Managing Relations, Public Relations telah membayangi beberapa media untuk melaporkan hal-hal tentang kegiatan DPRD umum atau lainnya bahkan ada beberapa momen kegiatan yang dilakukan secara individu oleh anggota dewan yang melibatkan media seperti kegiatan reses skala individu yang telah berhasil dilaporkan kepada publik sehingga hubungan menjadi erat. (2) Mengembangkan Strategi, Media memberikan surat permohonan untuk bekerja sama dengan DPRD kemudian Divisi Humas mengakomodasi dan menyeleksi media untuk menjalin hubungan kerja sama terkait informasi atau berita tentang kegiatan anggota DPRD. (3) Mengembangkan Jaringan, Divisi Humas DPRD Kota Makassar melakukan pendekatan Persuasif melalui grup media sosial dengan media, sehingga ketika ada kegiatan DPRD disampaikan langsung melalui Grup, kemudian dikelola oleh media untuk dilemparkan ke publik berdasarkan pengamatan Divisi Humas.References
Abdul Rais. (2018). Makassar, Strategi humas dprd kota (studi pada kantor dprd kota makassar).
Hasan Mukmin. (2010). pengertiandan manfaat peranan. 22–64.
Iriantara, Yosal. (2005). Media Relations: Konsep, Pendekatan, Dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Rachmadi. 1996. Public Relations. Jakarta: Gramedia.Aripin, S Daud, M. 2014. Peran Administrator Public dalam Formulasi dan implementasi Kebijakan (Analisis Kurikulum 2013. Jurnal Acaedemica Fisip Untad. Volume 06. Nomor 01.
Rosady Ruslan, Manajemen Public Relations dan Medi.Komunikasi. Cdt. h 323.
Rosady Ruslan, Manajemen Public Relations dan Media Komunikasin. (Jakarta: PT Rajarafindo Persada. 2003). h 323-325
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suranto AW. 2005. Komunikasi Perkantoran. Yogyakarta: Media Wacana
Taufiq Rohman Dhoiri, dkk. 2007. Sosiologi: Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Yudhistira.
Widjaja, Komunikasi dan Hubunan Masyarakat, (Jakarta: Rajawali Pers 2010). h.57 13
Widjaja, Komunikasi dan Hubunan Masyarakat. Cet.5 h. 54 Rosady Ruslan, Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi.Cdt. h 323 15
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who submit manuscripts to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) fully understand and agree that, upon acceptance for publication, the copyright of the article shall be transferred to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) and the Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar, as the journal's publisher. Authors are required to submit a signed Copyright Transfer Agreement as part of the publication process. It can be downloaded: Click Here