Strategi Komunikasi Humas Pengadilan Negeri Takalar Dalam Meningkatkan Citra
DOI:
https://doi.org/10.26618/jko.v3i2.12030Keywords:
Strategi, Komunikasi, Humas, CitraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Komunikasi Humas pengadilan negeri takalar dalam meningkatkan citra dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat humas pengadilan negeri takalar dalam meningkatkan citra. Metodologi penelitian ini menggunakan Jenis penelitian kualitatif dan tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dalam strategi komunikasi humas Pengadilan Negeri Takalar dalam meningkatkan citra dengan beberapa langkah 1) memanfaatkan channel media yang ada seperti media sosial instagram, website, facebook, youtube. 2) serta media visual yang ada dipengadilan seprti media cetak dan pelayanan secara langsung. Adapun faktor pendukung pelaksanaan strategi komunikasi humas pengadilan negeri takalar yaitu perkembangan Teknologi dan Informasi yang baik dan cepat sehingga mempermudah dalam menyebarkan informasi. Sedangkan faktor penghambat yang dihadapi oleh Humas Pengadilan Negeri Takalar diantaranya Humas belum dapat berfungsi maksimal karena pengurus Humas masih berfungsi ganda merangkap sebagai staf umum, SDM yang masih terbatas, serta terbatasnya waktu yang dimiliki pengurus Humas sehingga tidak dapat melayani publik eksternal secara maksimal.References
Anggoro, M. 2008. Teori Dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasinya Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Artis. 2017. “Strategi Komunikasi Public Relations.” Sosial Budaya 8 (02): 184–97. https://books.google.co.id/books?id=krb WDgAAQBAJ&lpg=PR6&dq=komuni kasi&lr&pg=PR1#v=onepage&q=komu nikasi&f=true.
Ayudia, A, S. 2021. “Strategi Komunikasi Humas Dalam Meningkatkan Citra Pemerintah Kota Probolinggo.” Journal of Office Administration : Education and Practice 1 (2): 249–68. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n2.p24 9-268.
Cutlip, M, A, G. 2006. Effective Public Relation. 9th ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Effendy, U. 2006. Hubungan Masyarakat ; Suatu Studi Komunikologis. Edited by Tjun Surjaman. 7th ed. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Herlina, S. 2015. “Strategi Komunikasi Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintahan Di Kota Malang” 4 (3): 493. www.publikasi.unitri.ac.id.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. 2011.
“Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2011 Tentang Pedoman Umum Tata Kelola Kehumasan Dl Lingkungan Instansi Pemerintah.”
Lubis, E. 2012. “Peran Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintah.” Jurnal Ilmu Administrasi Negara 12 (1): 51–60.
Moleong, L. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. 30th ed. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munandar, H, J, F, D. 2003. Public Relation. 5th ed. Jakarta: Erlangga.
Niswaty, R, S, S, M. 2019. “Strategi Humas Universitas Negeri Makassar Dalam Meningkatkan Citra Positif Masyarakat.” Jurnal Ad’ministrare 5 (2): 99. https://doi.org/10.26858/ja.v5i2.7888.
Nova, F. 2011. Crisis Public Relation. 1st ed. Depok: Rajawali Pers.
Novianita, R. 2019. “Strategi Komunikasi Kehumasan Industri BP Batam Di Kepulauan Riau Public Relations Communication Strategy in Batam BP Industry in the Riau Islands.” UNIVERSITAS, no. 2: 12250.
Nurjaman, K, K. 2012. Komunikasi & Public Relation. 1st ed. Bandung: Pustaka Setia.
Permadi, D, A. 2022. “Strategi Komunikasi Humas Bnn Dalam Memberikan Informasi Kepada Publik.” Jurnal Pustaka Komunikasi 5 (1): 150–62. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1. 1901.
Rudy, T. 2005. Komunikasi Dan Hubungan Komunikasi Internasional. Bandung: Bandung Refika Aditama.
Ruslan, R. 2005. Kiat Dan Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta: Rajawali Pers.
———. 2006. Manajemen Public Relation Dan Media Komunikasi : Konsepsi Dan Aplikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
———. 2014. Manajemen Public Relation & Media Komunikasi. 12th ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sartika, S, I. 2023. “Strategi Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Pada PT. Telkomsel Tbk.” Jurnal Sosial Sains 3 (2): 199–215. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v 3i2.698.
Silalahi, T. 2021. “Tugas Akhir Karya Ilmiah Strategi Humas Pengadilan Negeri Jakarta Barat Dalam Memberikan Informasi Kepada Publik Tugas Akhir Karya Ilmiah
Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Memperoleh Gelar Ahli Madya Oleh.” Jakarta.
Soemirat, S, E. 2012. Dasar Dasar Public Relation. 1st ed. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susilowati, S, D, D. 2022. “Strategi Hubungan Masyarakat Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia (STIAMI) Dalam Membentuk Citra Positif.” Jurnal Public Relations (J-PR) 3 (1): 44–49. https://doi.org/10.31294/jpr.v3i1.1009.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who submit manuscripts to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) fully understand and agree that, upon acceptance for publication, the copyright of the article shall be transferred to the Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO) and the Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Muhammadiyah Makassar, as the journal's publisher. Authors are required to submit a signed Copyright Transfer Agreement as part of the publication process. It can be downloaded: Click Here