PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SD INPRES MAROANGING GOWA

Authors

  • Nurjannah Unismuh Makassar
  • Nasrah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurul Magfirah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/zqybbn44

Keywords:

hasil belajar, IPA, metode eksperimen

Abstract

Abstrak: =Tujuan penelitiian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Maroanging Gowa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperimen dengan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design melalui pendekatan kuantitatif. Desain ini melakukan dua kali pengukuran, pertama (pretest) dan pengukuran kedua (posttest). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Inpres Maroanging Gowa, sebanyak 28 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretest siswa adalah 51,0.dengan kategori rendah, selanjutnya diterapkan metode eksperimen pada proses pembelajaran maka hasil posttest siswa mencapai nilai rata-rata sebesar 76,25 dengan kategori sedang. Analisis N-Gain menunjukkan rata-rata gain ternormalisasi 0,54 berada pada kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan paired samples test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Maroanging Gowa pada materi perpindahan kalor.

 

References

Desti Ulvatiya, Rindah Permatasari dan Yumi Sarassanti. 2021. Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya (QUANTUM), Vol. 1, No. 1.

Hisbullah dan Nurhayati. 2018. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Makassar: Penerbit Aksara Timur.

Indaryani. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar IPA Murid Kelas IV SD Negeri Tallo Tua 69 Kecamatan Tallo Kota Makassar. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kalsum, Umi. 2022. Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Konduktor dan Isolator. Jember: RFM Media.

Ismail, Fajri. 2018. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Prenada Group.

Roestiyah. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayana, J. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter.

Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Susilawati. 2013. Pengaruh Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Putri, Haslinda Amelia. 2021. Pengaruh Metode Eksperimen Berbantuan KIT IPA Terhadap Hasil Belajar IPA Murid Kelas IV SDIT Khalifah Makassaar. Makassar: Universitas Muhammadiyah makassar.

Downloads

Published

2025-04-28