Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Dalam Karangan Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas V SD Inpres Nipa-Nipa Kec. Manggala Kota Makassar

Authors

  • Risnayanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Akhir Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Paida Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/kp0ysb89

Keywords:

Tanda Baca, Karangan, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat dekriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru kelas V dan hasil tulisan karangan peserta didik kelas V SD Inpres Nipa-Nipa yang berjumlah 22 karangan. Metotode pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Instrumen berupa pedoman wawancara. Teknik pengelolaan dan analisis yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum peserta didik kelas V SD Inpres Nipa-Nipa belum menguasai penggunaan tanda baca titik (.), tanda baca baca koma (,), tanda elipsis (...), dan tanda baca hubung (-) dalam menulis karangan. Secara klasikal peserta didik belum mampu memahami penggunaan tanda baca dalam membuat suatu karangan. Karena peserta didik masih kesulitan dalam memahami penggunaan tanda baca.

References

Andarini. 2021. Budaya Literasi Membaca dan Keterampilan Menulis Pagraf Siswa Sekolah Dasar. Maghza Pustaka. (h 46)

Andi Halimah. 2013. Konsep Dasar Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Makassar:Alauddin University Pres. (h 19)

Asdam Muhammad. 2012. Bahasa Indonesia Pengantar Pengembangan Kepribadian. Makassar: CV Awal.

Astuti, Lindah Dwi. 2016. Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas IV SD Gugus Sultan Agung Kecamatan Pucukwangi Kabupaten Pati. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ibrahim. 2003. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Bui Aksara.

Ilmiah Rajab, Analisis Penggunaan Tanda Baca Dalam Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMAN 1 Pangkajene. Pangkep:Fakultas Bahasa dan Sastra.

Jannatin Al-Wasi”u. 2000. Pedoman Umum Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Solo: Sendang Ilmu.

Julia, dkk, 2017. “Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT” dan Pelatihan “Berpikir Suprarasional”. Sumedang: Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang.

Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Narfa. 2020. Mengonstruksi Laporan Hasil Observasi untuk SMA/SMK Sederajat. Tegal: Guepedia.

Nur Aedi. 2014. Pengawasan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Pratiwi. 2005. Rangkuman Penting Intisari 4 Mata Pelajaran Utama SD Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia. Jakarta:ARC Media.

Rahman. 2014. Metode Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Raja Gropindo Persada.

Randi dan Heny. 2017. Bahasa Indonesia Diperguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saat, Sulaiman dan Sitti mania. 2018. Pengantar Metodelogi Penelitian Panduan Bagi Penelitian Pemula. Sibuku.

Sri Hapsari Wijayanti Dkk. 2014. Penulisan dan Pengajian Karya Ilmiah. Jakarta: Grafindo Persada.

Syamsiyah Nur. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi. Jawa Timur: CV AE Media Crafika.

Waridah Ernawati. 2017. EYD Edisi Terbaru. Jakarta Selatan: Bmedia Imprint Kawan Pustaka.

Downloads

Published

2025-04-28