IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH DI KELAS III SD INPRES NIPA-NIPA, KEC. MANGGALA, KOTA MAKASSSAR, SULAWESI SELATAN

Penulis

  • Rukmiany Dewi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammaiyah Makassar
  • Jumiati Nur Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Roslyn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/hgf53594

Kata Kunci:

Pendidikan, Karakter, Lingkungan

Abstrak

Abstract

Rukmiany Dewi Ramli, 2023. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Kelas III SD Inpres Nipa-Nipa, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Dibimbing oleh  Jumiati Nur,  dan Roslyn, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program-program dan kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Inpres Nipa-Nipa, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Penelitian ini adalah penelitian deskripsi kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Objek penelitian ini yaitu situasi sosial yang menunjukkan pelaksanaan Pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Inpres Nipa-Nipa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Inpres Nipa-Nipa dilaksanakan melalui (a) kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, keteladanan, tindakan spontan, kebiasaan rutin, dan pengkondisian. (b) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, meliputi perencanaan dan pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup terintegrasi dalam mata pelajaran. (c) kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, meliputi pemeliharaan gedung dan lingkungan, kegiatan ekstrakurikuler, kreativitas dan inovasi, serta kerjasama dengan orang tua hingga instansi pemerintah. (d) pengelolaan saran pendukung ramah lingkungan, meliputi kelengkapan sarana, pemeliharaan sarana, hemat energi dan pelayanan kantin sehat.

 

Referensi

Agus Wibowo. 2013. Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asmani, J. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Daryanto dan Darmiatun. S. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Hidayatullah, F. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Iskandar Zulrizka. 2012. Psikologi Lingkungan Teori dan Konsep. Bandung: PT Refika Aditama.

John, E. 2005. Kampus Populer. Jakarta: Rineka Cipta Media.

Kadir, A, Fauzi, A, dkk. 2012. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kementrian Lingkungan Hidup & Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2011. Panduan Adiwiyata; Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Prinsip Karakter yang Efektif. Jakarta: Kemendiknes.

Kurniawan. 2017. Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi secara Terpadi di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lickona, Thomas. 2014. Mendidik untuk Membentuk Karakter; Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat dan Bertanggungjawab. Jakarta: Bumi Aksara.

Ma’arif, Muhammad Anas. 2018. Analisa Strategi Pendidikan Karakter Melalui Hukuman Preventif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Maemonah. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah/Sekolah. Pendidikan Dasar Islam. Jakarta Pusat: Media Publication.

Muhtadai, A. 2011. Tingkatkan Taqwa melalui Kepedulian Lingkungan. Jakarta: Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Lingkungan Hidup dan Lembaga Penanggunlangan Bencana dan Perubahan Iklim Pengurus Besar Nadhatul Ulama.

Mumpuni, A. 2018. Karakter Dalam Pembelajaran:Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. Yogyakarta. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Jurnal Riset Padagogik. Jurnal.uns.ac.id/jdc.

Musfah, 2009, Pendidikan Karakter Sebuah Tawaran Model Pendidikan Holistik Integrasistik. Jakarta: Prenada Media.

Ngainun Naim. 2012. Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Novan Ardy Wiyani. 2012. Manajemen Pendidikan Karaakter; Konsep dan Implementasi di Sekolah. Yogyakarta: Pedagogia.

Puspitasari, Ratna. 2016. Penanaman Nilai Karakter Peduli Lingkungan dalam Muatan Enviromental Education pada Pembelajaran IPS. Jawa Barat: Jurnal Pendidikan Al-Ibtida,3 (1). https://download.garuda.ristekdikti.g.

Rosidatun. 2018. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Caramedia Communication.

Sadulloh, U. 2010. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.

Sugihartono, Fathiysh, K.N, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Diterbitkan

2025-04-28