Tujuan Pendidikan Perspektif Ibn Miskawaih
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i1.9675Keywords:
Character Education, The Thought of Ibnu Miskawaih, Education Purposes.Abstract
Abstract.Education is one of the fundamental things for the development of a nation, and one of the things that is important is character education. Character education is important because of the moral crisis that has occurred in this nation, especially among the young people who will be its successors. One of the important philosophers who, during his lifetime, focused on character education was Ibnu Miskawaih. This study focuses on educational goals according to Ibnu Miskawaih and their relevance to the present. By using a literature study, this study seeks to describe educational goals according to Ibnu Miskawaih's view in a clearer and more understandable way for the general public. Ibnu Miskawaih revealed that one of the goals of education is to form good character because, as is well known, Ibnu Miskawaih was famous in his time as an ethical philosopher. According to him, character education should be more emphasized on students because students must master more than just academic education. Good character is the most important thing that students must possess.
Keywords:Character Education, The Thought of Ibnu Miskawaih, Education Purposes.
{
Abstrak.Pendidikan adalah salah satu hal yang fundamental bagi perkembangan sebuah bangsa dan salah satu yang penting adalah pendidikan karakter. Pendidikan karakter penting karena krisis moral yang terjadi pada bangsa ini terutama oleh anak muda penerus bangsa. Salah satu tokoh filsuf penting yang semasa hidupnya fokus terhadap pendidikan karakter adalah Ibnu Miskawaih. Penelitian ini menitik fokuskan tujuan pendidikan menurut Ibnu Miskawaih dan relevansinya terhadap masa sekarang. Dengan menggunakan studi literatur, penelitian ini berupaya untuk menjabarkan tentang tujuan pendidikan menurut pandangan Ibnu Miskawaih dengan lebih jelas dan dapat dimengerti khalayak umum. Ibnu Miskawaih mengungkapkan bahwa salah satu tujuan pendidikan adalah untuk membentuk karakter yang baik karena sebagaimana yang telah diketahui, Ibnu Miskawaih terkenal pada masanya sebagai filsuf etika. Jadi menurutnya pendidikan karakter haruslah lebih ditekankan kepada anak didik karena bukan hanya pendidikan akademik saja yang harus dikuasai anak didik. Karakter yang baik merupakan hal terpenting yang harus dimiliki oleh anak didik.
References
Anwar, M. E. (2017). Menelusuri Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami:
Jurnal Pendidikan Islam, 3(5).
Fatmah, N. (2018). Pembentukan karakter dalam pendidikan. Tribakti:
Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2).
Hasyimsyah, N. (1999). Filsafat Islam. Mizan : Bandung.
Maghfiroh, M. (2017). Pendidikan Akhlak Menurut Kitab Tahzib Al-Akhlaq Karya Ibnu Miskawaih.
TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2).
Mulia, H. R. (2019). Pendidikan Karakter Analisa Pemikiran Ibnu Miskawaih.
Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15.
Musa, M. Y. (1963). Falsafat al-akhlak fi al-Islam,. Gaya Media Pratama : Jakarta.
Nurrohmah, M. R. (2020). Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran dan Pendidikan Barat.
Attractive : Innovative Education Journal.
Prasetya, B. (2018). Dialektika Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih dan Al-Gazali.
Jurnal Agama dan Pendidikan Islam.
Rahayu, F. (2019). Pendidikan Karakter Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih. Al-Mudarris
Vol. XI. Issu 1. Januari-April 2023
P-ISSN: 2339-2401/E-ISSN: 2477-0221
Equilibrium: Jurnal Pendidikan
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/index
Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2(1).
Salim, N. Z., Siregar, M., & Mulyo, M. T. (2022). Rekonstruksi Pendidikan Karakter di Era Globalisasi:
Studi Analisis Konsep Pemikiran Ibnu Miskawaih.
Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1).
Usman, I. K. (2018). Konsep Pendidikan Ibnu Miskawaih dan Ibnu Khaldun.
Jurnal Ilmiah Iqra', 5(2)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id