Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA SMP Methodist - 9 Medan di Era Normal
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8920Keywords:
Motivasi Belajar, Pelajaran IPA, Era New NormalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA SMP Methodist – 9 Medan di era new normal pada tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dalam bentuk skala likert. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII dan kelas VIII SMP Methodist – 9 Medan yang berjumlah 77 orang dan 1 guru bidang studi IPA. Hasil penelitian yang didapatkan dari enam butir pernyataan, yaitu pertama indikator cita – cita dan aspirasi peserta didik dengan nilai (73%) dan respon guru (90%) dikategorikan tinggi, indikator kemampuan belajar peserta didik (72%) dan respon guru (69%) dikategorikan tinggi, indikator kondisi peserta didik (67%) dikategorikan sedang dan respon guru (93%) dikategorikan tinggi, indikator upaya guru dalam pembelajaran pada peserta didik (80%) dan respon guru (84%) dikategorikan tinggi, Indikator kondisi lingkungan peserta didik (72%) dan respon guru (100% ) dikategorikan tinggi dan fasilitas peserta didik dikategorikan tinggi (71%) dan respon guru (95%). dikategorikan tinggi. Rata – rata respon peserta didik dan guru bidang studi IPA diambil sebesar 80% dan 20% sehingga nilai rata-rata dari keseluruhan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA SMP Methodist – 9 Medan di Era New Normal adalah sebesar 76% dikategorikan tinggi
References
B. Uno, H. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
B. Uno, H. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
B. Uno, H. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyati dan Mudjiono.(1994) Balajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hafifah Fitriani dan Ahmad Syarkowi. (2021). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Fisika di Era New Normal. Bengkulu : Skripsi
Istiqomah. (2009). Peran motivasi belajar. Jakarta : PT Rineka cipta.
Kemdagri. (2020). Pedoman umum Menghadapi Pamdemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah: jakarta.
Kemendikbud. (2020, Juni 15). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Covid-19. Retrieved Desember 23, 2020, from Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/06/panduan_penyelenggaraan-pembelajaran-pada-tahun-ajaran-dan-tahun-akademik_baru-di-masa-covid19 168
Kemendikbud. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Jakarta.
Kemendikbud. (2021). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kbudayaan Republik Indonesia Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Era New Normal. Jakarta.
Kemenkes RI. (2020, Maret 16). Protokol Kesehatan Covid-19. Jakarta.
Kemenkes RI. (2020). pedoman kesiapsiagaan Menghadapi Coronavirus Disease(Covid-19). Jakarta selatan: Direktor Jenderal Pencegahan dan Pengendalian penyakit
Laura Aliyah Agnezi, Anisa Dini, Rini Anggrain, Wenni Angra Maya. (2018). Analisis motivasi belajar siswa kelas VIIB SMPN 17 Kota Jambi pada mata pelajaran IPA. Jambi : Skripsi
Makarim. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020. Jakarta
Max, Darsono. (2000). Belajar dan pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang, Hal:4
Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Nasution, S. (1987). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Nasution, S. (1996). Prestasi Belajar. Jakarta: Bina Aksara
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti
Pemula. Bandung: Alfabeta.
Russeffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-
Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Sadirman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sadirman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sadirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sadirman. (2012). Interksi Motivasi & Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Salsabila, F. (2020). Analisis Motivasi Belajar IPA Peserta Didik Pada Pembelajaran E-learning Class Di SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga Selama Pandemi Covid-19. Salatiga : Skripsi
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Syaharuddin, S. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19.
Syaharuddin, S. (2020). Pembelajaran masa pandemi: dari konvesional ke daring.
Winkel, W.S Tanpa Tahun, Psikologi Pengajaran,. Jakarta, Gramedia, Hal: 97
Winkel, W.S.(1997). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia
Yusuf, Syamsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di sekolah Bandung : Rizqi Press
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id