Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso

Authors

  • Zaenol Fajri Universitas Nurul Jadid
  • Ira Febriliana Dewi Riza Universitas Nurul Jadid
  • Himmatul Azizah Universitas Nurul Jadid
  • Yulia Sofiana Universitas Nurul Jadid
  • Ummami Ummami Univeriatas Nurul Jadid
  • Ayu Andila Universitas Nurul Jadid

DOI:

https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8583

Keywords:

Media Canva, Minat dan Motivasi Belajar.

Abstract

Pelaksanaan pendidikan merupakan usaha yang dilakukan oleh semua komponen pendidikan untuk mewujudkan dan mengelola iklim pembelajaran agar anak didik dapat terbantukan dalam proses pengembangan potensinya. Pengembangan potensi peserta didik dipengaruhi oleh factor internal dan ekstrenal, salah satunya factor minat dan motivasi peserta didik. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar dengan cara meningkatkan minat dan motivasi belajar. Minat dan motivasi belajar dapat ditingkatkan dengan salah satu cara pemilihan media yang sesuai. Pemilihan media pembelajaran visual berbantuan aplikasi canva merupakan media yang sesuai untuk anak usia dini, karena dilihat dari cara pembuatan dan fitur tampilan atau gambarnya sangat mencerminkan karakter anak usia dini. Sehingga penelitian ini akan membahas tentang Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Pengarang Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memberikan data deskripsi tentang fakta dilapangan dengan menggunakan instrument observasi, wawancari dan dokumentasi. Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Aplikasi Canva membuat anak lebih aktif dan antusias dalam belajar, karena tampilan media canva yang menarik, tampilan-tampilan gambar dan warna yang sesuai dan menarik minat belajar anak yang didukungan dengan rasa ingin tahu anak tentang media visual tersebut sangat tinggi, sehingga anak tidak bosan mengikuti pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran visual berbasis aplikasi canva dapat meningkatkan minat dan motivasi anak dalam belajar.

References

Aristia, K., Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Celengan Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD A. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 16–25. https://doi.org/https://doi.org/10.51276/edu.v1i2.33

Fajri, Z. (2019a). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. JURNAL IKA PGSD UNARS, 7(2), 1–10. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/478

Fajri, Z. (2019b). Peran Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa SD/ MI. JURNAL IKA PGSD UNARS, 7(2), 46–55. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/477

Fajri, Z., Baharun, H., Muali, C., Shofiatun, Farida, L., & Wahyuningtiyas, Y. (2021). Student’s Learning Motivation and Interest; the Effectiveness of Online Learning during COVID-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1899(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1899/1/012178

Fajri, Z., Toba, R., Muali, C., Ulfah, M., & Zahro, F. (2022). The Implications of Naturalist Illustration Image Media on Early Childhood Learning Concentration and Motivation. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3278–3290. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2092

Fajri, Z., Yasin, M., Masykur, M., & Adi Putra, M. W. (2021). PKM Penyuluhan Peningkatan Profesionalisme Guru PAUD pada Masa Pendemi Covid-19. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(3), 493–508. https://doi.org/10.33650/guyub.v2i3.2756

Fajri Zaenol; Syaidatul Mukaroma. (2021). Pendidikan Akhlak Perspektif Al Ghazali Dalam Menanggulangi Less Moral Value. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 31–47. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/1964

Firthian, R., & Putry, D. . (2021). Penciptaan Ilustrasi Prabu Siliwangi sebagai Media Pelestarian Budaya dan Sejarah di Jawa Barat. Paravisual: Jurnal Desain Komunikasi Visual Dan Multimedia, 1(1), 1–8.

Hanifal Fauzy AH, Zainal Abidin Arief, M. (2019). Strategi motivasi belajar dan minat belajar bahasa arab. Tawazun Jurnal Pendidikan Islam, 12(1 (Juni 2019, e-ISSN: 2654-5845)), 112–127. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ TAWAZUN

Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.

Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383

Irsan, Andi Lely Nurmaya. G, Adinda Pertiwi, F. R. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. JURNAL ABDIDAS, 2(6), 1412–1417.

Kemdikbud. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. http://dikdas.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2013/11/ uu-nomor-20-%0Atahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional.pdf. Diakses pada 13 November 2016 Pukul 08.20

Kemendikbud, R. I. (2014). Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. 1(137).

Lestyowati, J. (2020). Metode Storytelling : Peningkatkan Motivasi Perilaku Antikorupsi. INTEGRITAS: Jurnal Antikorupsi, 6(1), 125–139.

Mila, N., Naila, A., Azisah, Q., & Arisah, N. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN 2021, “Penelitian Dan Pengabdian Inovatif Pada Masa Pandemi Covid-19", 181–188.

Ningrum, E. (2009). Kompetensi Profesional Guru dalam Konteks Strategi Pembelajaran. BUANA NUSANTARA.

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Erlangga.

Putri, D. T. N. dan G. I. (2015). Pengaruh Minat Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 118–124.

Rachmawati, Y. (2020). Pengembangan Model Etnoparenting Indonesia pada Pengasuhan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1150–1162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.706

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Rahmawati, F., & Atmojo, R. I. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(3), 6271–6279. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Rahmayanti, D., & Jaya, P. (2020). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Canva dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dasar Listrik dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 8(4), 107. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v8i4.110251

Rahmina, W., Nurtiani, A. T., & Amelia, L. (2020). Analisis Kegiatan-Kegiatan Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok A di TK Cut Meutia Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1). https://www.jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/51

Ramadhani, D. (2018). PENGARUH INTERAKSI GURU — SISWA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI SISWA Diantyastuti Ramadhani. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(6), 524–532.

Resmini’, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Sliwangi, 04(02), 335–343. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859/2593

Sardiman, A, M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Taiwo, S. (2009). Teachers perception of the role media in classroom teaching in secondary schools. The Turkish Online Journal of Educational Technology – TOJET, 8(1 Article 8), ISSN: 1303-6521.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi Dan Pengukuranya. Bumi Aksara.

Usman, U. (2008). Meningkatkan Motivasi Belajar. Grasindo.

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Downloads

Published

2022-09-06