The Effectiveness of Entrepreneur Online Class Activities in Fostering Student Entrepreneurship Interest
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8287Keywords:
Education, Learning, Entrepreneurship, Effectiveness, EOCAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan topik-topik mata kuliah yang diterapkan secara praktik dengan metode Entrepreneurship Online Class Activity; 2) Mengetahui efektivitas penerapan Entrepreneurship Online class activity terhadap Minat Berwirausaha; 3) Mengetahui solusi yang diperlukan dalam mengatasi kendala yang dihadapi mahasiswa saat pelaksanaan Entrepreneurship Online Class Activity
pada pembelajaran kewirausahaan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatifmelalui indepth interview terhadap informan yang telah mengikuti pembelajaran kewirausahaan dengan penerapan Enterpreneurship Online Class Activity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kewirausahaan dengan penerapan Entrepreneurship Online Class Activity terbilang cukup baik dan efektif. Hal
ini dapat mendeskripsikan bahwa pada umunya penerapan EOCA menjadi kegiatan praktek kewirausahaan yang dapat dilakukan secara online (daring) dan sesuai dengan tujuan guna meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa. Indikator yang menentukan efektifitas penerapan Entrepreneurship Online Class Activity dalam
meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa adalah motivasi mahasiswa, kompetensi mahasiswa, pengalaman dosen, gaya komunikasi dosen, kemutakhiran materi dan sarana prasarana.
References
Affiani, Musfarita. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Angkatan III Berbasis e-Learning di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 11 (2), 104-109.
Arikunto. (2010). Efektivitas Model Pembelajaran Konstruktivisme Berbasis Daring Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Pada Masa Covid-19 Di Stita Labuhanbatu. Jurnal Pendidikan, Agam dan Sains, Vol. IV Edisi 1 Januari-Juni 2020.
Azhar. (2011). Model Pembelajaran Kewirausahaan Pada PKBM Binaan SKB Kabupaten Temanggung. Jurnal Kependidikan, 41 (1), 11-22.
Azwar, Saifudin. (2007). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty
Handoko, H.T. (2001). Manajemen. BPFE UGM: Yogyakarta
Hartley, D. E., 2001. Selling E-Learning, American Society for Training and Development, [e-book].
Hidayat. 1986. Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.
Jusnita, J., Samsiah, S., Amalia, A., & Aribe, E. (2020). Implementasi Pengembangan Pojok Wirausaha Mahasiswa Sebagau Business Centre Berbasis Online Web Marketing Di Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2), 266-275.
Mardiyah, R.A., & Nurwati, R. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap peningkatan angka pengangguran di Indonesia.
Najib, Mohammad Farid. (2007). Pengangguran dan Kewirausahaan: Re-Orientasi Mahasiswa dari Job-seekers ke Job-creators. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 8 (1), 156-162.
Rosenberg, Marc. J. (2001). E-Learning: Strategies For Delivering Knowledge In The Digital Age. USA: McGraw-Hill Companies S
Steers, Richard M, Terj: Magdalena Jamin. (1985). Efektivitas Organisasi, Jakarta: Erlangga
Sukirman. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 113-132
Suryana. (2006). Kewirausahaan pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Yulistiana (2008) dalam Safitri (2011), Dermawana, Deden Dicky , Sumarni, Woro, Efektifitas Pembelajaran Daring Selama Adanya Pandemic Covid 19, seminar nasional pascasarjana 2020.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id