Keefektifan Metode Guessing Game Berbasis Case Method Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Smp Negeri 12 Palu
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8066Keywords:
Metode, Guessing Game, Case Method, Keterampilan Berbicara.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode guessing game berbasis case method terhadap keterampilan berbicara siswa SMP Negeri 12 Palu. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dalam tahapan siklus, meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX berjumlah 47 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar peserta didik menggunakan metode guessing game menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam belajar. Pada siklus ini, aktivitas belajar siswa dengan kriteria sangat baik, dengan hasil yang dicapai 89,42%.
References
Amiruddin, Nirmawati. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Diskusi Siswa Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Arikunto,S. (2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI.Jakarta: Rineka Cipta.
Dea, Khaerunnisa. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Penerapan Metode kooperatif Debate Siswa Kelas X Ipa SMA Negeri 2 Wajo.Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Disdik, Purwakarta. (2019). Metode Guessing Game dalam Pembelajaran Descriptive Text Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa.
Eriyanti, Ribut Wahyu. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Interaktif Bagi Mahasiswa, Kembara: Jurnal keilmuan Bahasa Sastra dan pengajarannya.
Gustiningsih, Yulia. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Penerapan Model Pembelajaran Debat Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V B SDN 19 Kota Bengkulu.
Khadijayanti Saputri, Sitti. (2020). Peningkatan Kemampuan Berbicara Dalam Pembelajaran Teks Deskripsi Dengan Menggunakan Metode Guessing Game Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 12 Makassar.
Mulyana, Deddy. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyati Yeti, dkk. (2017). Buku Bahasa Indonesia: Universitas terbuka.
Muslimin. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Timetoken (Tito) Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Limbung. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Mutmainah, Siti. (2011). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus yang Berpusat Pada Mahasiswa terhadap efektivitas Pembelajaran Akuntansi Keperilakuan. Simposium Nasional Akuntansi
Pulukadang, Wiwy, Triyanty. (2022). Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengucapkan Alphabet Bahasa Inggris Melalui Model Talking Stick di Kelas I SDN 5 Tilango Kabupaten Gorontalo. Ideas Publishing. 8 (2), DOI: 10.32884/ideas.v8i2.810. Gorontalo.
Qomaruddin, Moh. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Teknik Bermain Peran Pada Siswa Kelas V MI Negeri Kudus Tahun Ajaran 2007/2008.
Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Wahyuningsih, Sri. (2013). Metode penelitian studi kasus. Madura: UTM Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id